Enam Cara untuk Hindari Gigitan Nyamuk

Sumber :
  • REUTERS/Oxitec Ltd./Handout
VIVA.co.id
Waspada DBD, Nyamuk Tak Mempan Lagi Fogging
- Pada gigitan nyamuk terkadang membawa risiko penyakit berbahaya, seperti demam berdarah, atau penyakit lainnya. Sebaiknya, upayakan untuk meminimalisir risiko dengan melindungi dan menghindari diri dari gigitan nyamuk. 

Cara Perawatan Pasien DBD Rawat Jalan
Berikut ini, beberapa cara untuk menghindari gigitan nyamuk, seperti dilansir laman Boldsky:

Lokasi Favorit Nyamuk Penyebab Demam Berdarah
Minyak kayu putih

Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air mandi Anda. Mandi dengan bahan alami ini akan mencegah dari gigitan nyamuk. 

Bersihkan genangan air

Bersihkanlah setiap genangan air yang berada di sekitar rumah Anda. Genangan air dan sampah yang berserakan merupakan sarang berkembangnya nyamuk. Namun, harus diperhatikan untuk memberantasnya perlu pengaman yang khusus.

Memakai busana tertutup

Jika Anda ingin terhindar dari gigitan nyamuk, sebaiknya gunakan pakaian tertutup. Pilihlah pakaian berbahan satin, renda, dan katun.

Gunakan estrak lemon

Untuk mencegah gigitan nyamuk, terapkan ekstrak lemon. Pijat dengan lembut ekstrak lemon pada kulit Anda. Alhasil, bau dari lemon akan menjauhkan Anda dari gigitan nyamuk.

Aloe Vera 

Aloe vera, atau lidah buaya sangat berguna untuk mencegah, atau mengobati gigitan nyamuk. Oleskan sari lidah buaya, atau gel pada daerah yang terkena gigitan.

Terapkan ekstrak bawang putih

Ekstrak bawang putih harus diterapkan secara merata di seluruh tubuh untuk menghindari gigitan nyamuk. Namun, perlu hati-hati jika terkena mata, karena dapat menyebabkan iritasi. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya