Ini Bahaya Tidur Tidak Pakai Sprei

Ilustrasi wanita tidur
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Munculnya masalah pada tidur, tidak melulu soal makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup tak sehat. Namun, menjaga kualitas tidur setiap malam, bisa dilakukan dengan memerhatikan hal yang mungkin sepele, yakni memakai sprei atau sarung kasur dan bantal.

Sebab dari hal sepele ini, bisa timbul beberapa gangguan tidur dan gangguan kesehatan lain yang mengganggu. Hal ini diungkapkan oleh dr Rahajeng, dari Meetdoctor.com, yang menjelaskan, bahwa penggunaan sprei dan sarung bantal memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas tidur manusia.

"Biasanya, bahan yang digunakan untuk membuat kasur dan alas tidur, bisa saja mengandung unsur alergen yang bisa memicu reaksi alergi di dalam tubuh. Untuk itu, sebaiknya selalu lapisi kasur dengan sprei agar kebesihannya terjaga, jangan tidak pakai sprei," ujarnya.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Rahajeng menjelaskan, penggunaan sprei yang terlalu lama juga bisa mencemari kesehatan. "Karena menumpuknya kotoran dan bakteri, yang bisa saja terhirup hidung dan menyebabkan gangguan kesehatan seperti sesak, batuk, dan bersin, yang mengganggu aktivitas tidur Anda,” tambahnya.

Gejala ini akan semakin parah, bila Anda memiliki alergi khusus, seperti salah satunya asma. Debu kotoran yang menempel di alas tidur, bisa saja membuat asma kambuh dan mengganggu tidur.

"Meski tidak memiliki ancaman penyakit jangka panjang, penggunaan sprei tetap penting, jika Anda ingin kualitas tidur terjaga dan kebersihan di kamar selalu terpelihara," ungkap sang dokter.

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017