Empat Fakta Berbahaya tentang Gula

Ilustrasi gula
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Memakan makanan manis, adalah salah satu hal yang menyenangkan. Namun, sudah bukan lagi rahasia, tentunya, apabila dikatakan, konsumsi gula dalam jumlah berlebih, bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan yang berbahaya seperti obesitas, dan diabetes.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon
Namun, masih ada beberapa fakta berbahaya tentang gula yang belum diketahui, informasinya terangkum dalam ulasan berikut, sebagaimana dilansir dari laman Boldsky.

Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan
Ketagihan

Fakta pertama tentang gula, adalah bahwa konsumsinya yang berlebihan, dapat menyebabkan munculnya rasa ketagihan, yang akan menyebabkan Anda ingin makan lagi dan lagi. Hal ini tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh jangka panjang. 

Memicu kanker

Selain dapat menimbulkan gejala diabetes dan obesitas yang membahayakan kesehatan, konsumsi gula berlebih juga bisa memicu pertumubuhan sel kanker di dalam tubuh. Untuk itu alihkan citarasa Anda ke bahan pemanis yang alami seperti madu.

Pikun

Terlalu banyak mengonsumsi gula, juga dapat memengaruhi kinerja otak Anda. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, yang menyatakan bahwa konsumsi gula berlebih, dapat merusak jaringan otak, sehingga menyebabkan kepikunan dan beberapa gangguan kognisi lainnya.

Gagal ginjal

Satu lagi organ yang dapat berkurang kinerjanya, karena konsumsi gula, adalah organ hati. Konsumsi gula berlebih, bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati, yang kurang optimal menyaring racun dalam tubuh. Dalam kasus terparah, konsumsi berlebih dari gula, bisa menyebabkan gagal ginjal.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya