Tips Panjang Umur Ala Masyarakat Jepang

Pasangan lanjut usia di Jepang
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
11-03-2011: Jepang Peringati Tragedi Tsunami
- Negeri Sakura, adalah salah satu negara yang rata-rata penduduknya memiliki masa hidup yang cukup lama, yakni lebih dari 80 tahun. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan beberapa negara lain, yang masa hidup penduduknya hanya mencapai usia 50-an tahun, salah satunya Indonesia. 

Dituduh Korupsi, Menteri Ekonomi Jepang Mundur
Lalu, apa saja yang membuat orang jepang panjang umur? simak ulasannya sebagaimana dikutip laman Boldsky, berikut ini.

Jangan Katakan Ini pada Orang Jepang
Hal pertama yang menjadi rahasia umur panjang dari masyarakat Jepang, adalah karena konsumsi ikan yang lebih banyak dan sering daripada konsumsi daging merah. Hal ini tentunya berpengaruh karena ikan memiliki banyak kandungan vitamin, protein, dan nutrisi lain, yang lebih baik dari daging.

Selain itu, ikan tidak mengandung kolesterol tinggi, yang menjauhkan tubuh dari risiko menderita penyakit mematikan seperti penyakit kardiovaskuler dan hipertensi. 

Selain itu, hal lain yang membuat Jepang unggul dalam menjaga hidup sehat, adalah kesadaran menjaga kehigienisan dirinya yang sangat tinggi. Masyarakat Jepang, sangatlah memerhatikan standar kebersihan. Hal ini tentunya sangat baik, untuk mencegah berkembangnya bakteri dan menyebarnya sebuah wabah penyakit yang bisa mengurangi usia.

Yang juga menjadi rahasia umur panjang ala masyarakat Jepang, adalah konsumsi buah dan sayurnya yang sama tingginya dengan konsumsi ikan. Masyarakat Jepang, umumnya memasak makanan yang berbahan dasar segar, dan tidak mengandung bahan pengawet.

Hal inilah yang membuat makanan yang dikonsumsi kaya nutrisi seperti antioksidan dan anti-radang, yang membuat tubuh terbebas dari serangan radikal bebas yang mematikan.

Satu lagi hal yang menjadi panutan dari masyarakat Jepang adalah, tubuh yang tetap aktif, meski sudah memasuki usia lanjut. Inilah yang membuat para tetua di Jepang masih bisa menapakkan kakinya berjalan, meski usianya sudah mendekati satu abad. Dengan tubuh yang aktif, maka tubuh akan lebih bugar dan umur makin panjang.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya