Manfaat Sehat dari Olahraga Air

Kondisi rambut wanita saat berenang,
Sumber :
  • http://informasikankerservik.blogspot.com

VIVA.co.id - Rutin berolahraga adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mejaga kesehatan. Jenis olahraganya pun bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jenis olahraga air, adalah olahraga yang menyenangkan. 

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Tak hanya renang, kini banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam air seperti senam aerobik, yoga, hingga pilates. 

Selain tentunya menyenangkan, olahraga di dalam air, ternyata banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. "Tekanan hidrostatis yang dirasakan tubuh saat berolahraga air, bisa mengoptimalkan pompa jantung, melancarkan sirkulasi darah, dan melatih organ paru untuk pernapasan yang lebih baik," ujar Kiran Sawhney, seorang instruktur kesehatan. 

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Dilansir dari Times of India, jenis olahraga air, membuat olahraga terasa lebih mudah untuk dilakukan, khususnya untuk Anda yang bermasalah dengan bobot tubuh berlebih. "Olahraga ini, mampu mengurangi tingkat cidera yang biasa terjadi bila melakukan olahraga di luar kolam," ujarnya. Tak lupa, kenyamanan yang didapatkan dari berolahraga air, juga bisa menjauhkan Anda dari stres dan depresi. 

Selain itu, aktivitas fisik di dalam air, memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tulang dan otot. Beberapa ahli kesehatan, juga banyak melakukan kegiatan fisik dengan air, yang dinamakan hidroterapi. Terapi ini, terbukti mampu meningkatkan aliran darah, sehingga mempercepat proses penyembuhan pada jaringan dan lapisan otot yang mengalami gangguan. 

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Jika Anda memanfaatkan air hangat, maka manfaatnya lain yang bisa dirasakan adalah energi yang bertambah, tubuh yang lebih kebal, serta kulit yang lebih halus dan lembab. Olahraga ini juga dapat menghindarkan Anda dari gejala penyakit tulag otot dan sendi yang mengancam usia senja.


VIVA Militer: Bendera Israel

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Kementerian Luar Negeri Australia memperingatkan bahwa situasi keamanan dapat memburuk dengan cepat, tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024