Waspadai Air Tercemar yang Bahayakan Kesehatan

Ilustrasi air keran.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Memasuki musim kemarau, banyak gangguan air. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko ini? Simak ulasannya, dilansir dari Boldsky.

Cara pertama, bisa dilakukan dengan merebus air untuk memastikan kesterilan dan kehigienisan. Namun, jangan langsung memasukan air ke wadah, begitu air matang dan masih panas, karena hal ini bisa menyebabkan kontaminasi pada air yang membahayakan kesehatan.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Baca juga:

Kedua, ketika membeli air minum kemasan galon di toko, sebaiknya pilihlah merek dengan kandungan mineral yang baik dan seimbang, serta pastikan keamanan produk seperti segel pada penutup galon, yang bisa menjadi awal dari tercemarnya air minum.

Cara ketiga, jangan pernah meminum air mentah, apalagi air yang berasal dari jetpam atau keran di rumah. Karena kandungan bakteri dan kumannya bisa saja mengancam kesehatan. Selalu masak air dan minum ketika air sudah matang.

Keempat, jagalah kebersihan lingkungan dan tempat penyimpanan air Anda. Pastikan air tidak terkena kontak dengan lalat dan nyamuk, yang bisa menyebabkan kontaminasi pada air yang akan dikonsumsi. Hal ini juga bisa mencegah perkembangan jentik nyamuk dan mencegah penyakit seperti DBD dan malaria. (ren)

Hilangkan Depresi dengan Lari
Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016