Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asma

Ilustrasi masak telur
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Protein Susu Picu Alergi Anak
- Memiliki asma, kadang cukup menyulitkan kegiatan ketika sedang kambuh. Untuk itu, sebisa mungkin sebaiknya bagi penderita, menghindari segala hal yang memicu kambuhnya gejala alergi itu.

Ternyata, Kopi Hitam Mampu Atasi Asma

Baca juga:
Tiga Cara Alami Obati Asma


Selain menghindari kontak dengan debu, menghindari beberapa makanan, juga bisa mencegah asma menjadi lebih buruk. Lalu, apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya dikutip dari
Boldsky.


Telur

Ia diketahui sebagai sumber protein yang baik dan optimal untuk tubuh. Namun, kandungan protein dalam telur ini merupakan bumerang bagi penderita asma. Karena, kandungan protein yang banyak terkandung dalam putih telur, bisa memicu reaksi alergi yang menyebabkan asma.


Kacang tanah


Sama seperti telur, kacang tanah dan jenis kacang-kacangan lainnya, juga merupakan penghasil protein yang bisa menjadi pemicu terjadinya gejala asma. Untuk itu, kurangi konsumsinya ketika asma sedang kambuh, jika tak ingin reaksinya semakin memburuk.


Kerang


Jenis makanan lain yang harus dihindari saat asma kambuh, adalah kerang laut. Makanan ini, terbukti memiliki kandungan alergen yang tidak baik untuk Anda penderita asma. Untuk itu, pilihlah makanan lain yang lebih bersahabat dengan alergi yang diderita. 


Susu


Segelas susu hangat memang bisa menenangkan perasaan dan mendukung pertumbuhan. Namun, bagi Anda penderita asma, susu bisa jadi minuman yang paling harus dihindari, karena kandungan alergennya yang bisa memperburuk gejala asma yang menyerang.


Saat asma datang, yang terpenting menghindari segala kontak dengan sumber alergen, seperti debu, bulu binatang, hingga makanan yang tertera di atas. Dengan begitu asma tak kan datang mengganggu. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya