Studi: Ini Penyebab Frekuensi Bercinta Pasutri Menurun

Sumber :
  • Ist/dailypics
VIVA.co.id
6 Cara Tak Romantis Pria Ungkapkan Cinta
- Jika Anda baru menikah kurang lebih satu tahun dan merasa kualitas kehidupan seksual Anda dan pasangan menurun, itu merupakan hal yang wajar terjadi.

Adik Kim Kardashian Buka-bukaan Soal Kehidupan Seksual
Menurut sebuah studi yang belum lama ini dilakukan, argumen yang terjadi terus menerus, pertengkaran dan belum dikaruniai buah hati adalah penyebab menurunnya frekuensi bercinta pada pasangan suami istri yang baru menikah selama satu tahun, seperti dilansir dari Times of India.

Enam Fakta 'Foreplay' yang Jarang Diketahui
"Kami menemukan perkembangan kepuasan seksual yang positif pada tahun pertama pernikahan yang diikuti dengan penurunan drastis," ujar penulis studi, Claudia Schmiedeberg dari Ludwig Maximilian University di Munchen, Jerman.

Dalam studi, peneliti melakukan survei pada 3.000 peserta studi berusia 25 hingga 41 tahun. Mereka diminta menjawab sejumlah pertanyaan survei yang seluruhnya diberi judul "Does Sexual Satisfaction Change With Relationship Duration?"

Secara mengejutkan, pasangan yang telah memiliki anak di usia pernikahan yang masih seumur jagung justru tidak memiliki masalah di atas ranjang. Kehidupan seks mereka umumnya berjalan lancar.

"Kami menganalisis bagaimana kepuasan seksual berubah dalam beberapa tahapan," ujar Schmiedeberg.

Tim peneliti juga memfokuskan analisis pada pasangan suami istri berusia muda dan paruh baya.

"Lebih lanjut, kami menemukan efek yang signifikan untuk beberapa variabel status kesehatan, keintiman dalam komunikasi pasangan dan gaya berkonflik tiap pasangan," ujar penulis.

Meski begitu, rendahnya frekuensi aktivitas di atas ranjang dan kepuasan seksual pasangan suami istri bisa berubah jika keduanya mulai berkomunikasi dengan baik dan mau mengerti kebutuhan seksual pasangan mereka, terutama dalam masa awal pernikahan yang umumnya merupakan masa-masa yang sulit.

Hasil studi ini telah dipublikasikan di jurnal ilmiah berjudul Archives of Sexual Behaviour.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya