Tiga Makanan Ini Ampuh Mengatur Kadar Kolesterol

oatmeal
Sumber :

VIVA.co.id - Selama ini, jika kita bicara tentang bahaya kolesterol, banyak orang yang khawatir tentang asupan makanan yang harus dikonsumsi, agar kadar kolesterol tidak bertambah.

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

Sebagai solusi, dokter Deffy Leksani dari Meetdoctor menjelaskan, ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda coba, sebagai pendamping olahraga rutin yang dilakukan. Ia katakan, jika rajin mengonsumsinya, niscaya kadar kolesterol bisa dijaga agar tidak terus naik.

Jeruk

Makanan yang pertama jeruk, sebab ia mengandung zat yang disebut pektin. Ia sama seperti jenis makanan serat larut lainnya, pektin dapat membentuk massa yang melekat pada perut, dan menahan kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh sebelum diserap ke aliran darah. Selain memiliki kandungan serat, jeruk juga kaya vitamin C, folat, dan potasium.

Oatmeal

Makanan ini kaya serat larut. Oatmeal atau havermut dapat dijadikan sarapan dengan ditambah buah-buahan, untuk menambah cita rasa agar tidak hambar, misalnya potongan pisang atau apel. Dapat pula dihancurkan (dijadikan tepung), misalnya untuk membuat pancake atau muffin.

Ikan sardin

Makanan ini amat disarankan, karena memiliki banyak kandungan omega 3, yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan bertindak sebagai anti peradangan. Selain sardin, ikan tuna, dan salmon juga kaya akan omega 3. Namun hindari mengolah ikan dengan menggorengnya. Disarankan untuk mengonsumsi dua porsi ikan tersebut setiap minggu.

Ilustrasi kolesterol

Fakta Mengejutkan tentang Bahaya Kolesterol

Salah satunya ia mudah menyerang jantung Anda.

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2015