Tips Menghalau Keputihan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ilustrasi logo kesehatan
Sumber :
  • Freewallpaper

VIVA.co.id - Banyak wanita mengalami gangguan keputihan. Jika sudah begini, maka aktivitas harian akan terganggu oleh rasa gatal yang menyerang.

Solusi Mengatasi Keputihan yang Lama Sembuh

Untuk mengatasi hal ini, dr Margareta Amelia dari laman Meetdoctor menjelaskan, “Salah satu solusi mengatasi hal ini, adalah dengan selalu menjaga kebersihan organ intim, dan tetap menjaga kelembaban di area lipatan. Jangan lupa ya, rutin mengganti baju dan handuk.”

Selain itu, ia terangkan ada cara lain yang manjur untuk menghalau keputihan, sesuatu yang  bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut informasinya:

Yogurt

Banyak konsumsi yogurt, karena ia diketahui mengandung bakteri baik yang dapat membantu melawan jamur. Konsumsilah yogurt polos tanpa pemanis, karena jika menambahkan pemanis, infeksi penyebab keputihan semakin parah. Kita dapat pula mengonsumsinya secara rutin atau dioleskan ke area yang terkena infeksi jamur.

Bawang putih

Bawang putih tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan. Namun ia dapat pula menjadi salah satu obat rumahan yang efektif menghalau infeksi jamur. Bawang putih memiliki zat anti jamur yang dapat membantu mengobati infeksi. Tambahkanlah bawang putih pada makanan atau oleskan bawang yang sudah ditumbuk ke bagian organ yang gatal.

Cuka sari apel

Bahan ini diketahui mampu membantu meringankan infeksi jamur. Cuka tersebut dapat mengembalikan kadar asam organ intim hingga kembali normal. Cara menggunakannya, bisa membilas bagian tubuh yang terkena infeksi. Tapi gunakanlah secukupnya, karena cuka sari apel memunyai efek yang sangat kuat.


Ilustrasi logo kesehatan

Mengenal Beberapa Jenis Keputihan dan Solusinya

Dokter Nina memberi penjelasan tentang dua jenis keputihan.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2015