Mengenal Lebih Jauh Gejala Sinusitis

Ilustrasi hidung penciuman
Sumber :
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Inflamasi ini sering disebabkan infeksi virus atau bakteri. Sedangkan sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis termasuk penyakit umum yang bisa menjangkiti orang-orang di segala umur.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Gejala sinusitis adalah sakit kepala, demam dengan suhu 38 celsius atau lebih, hidung tersumbat atau berair, nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit ketika menelan. Sekitar 60 persen penderita sinusitis tidak perlu menemui dokter. Karena kebanyakan kasus yang disebabkan infeksi virus akan hilang dengan sendirinya.
Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar


Dokter Deffy Leksani dari
dalam sesi konsultasi dokterVIVA, Rabu, 25 November 2015, menjalaskan sinusitis butuh waktu sekitar 2 - 3 minggu untuk sembuh. Untuk sinusitis ringan, obat pereda rasa sakit cukup dibeli di apotek. Obat tersebut bisa meredakan sakit kepala, demam, dan nyeri pada wajah.


Obat-obatan dekongestan, obat tetes, maupun semprot untuk hidung, bisa pula melegakan gejala yang muncul. “Obat ini tersedia dan dijual secara bebas di apotek. Namun jika sinusitis semakin bertambah buruk dan tidak ada perubahan, tindakan operasi satu-satunya cara. Untuk memastikannya periksakan sinusitis ke dokter spesialis THT,” ujar Deffy.


Jangan lewatkan program interaktif #dokterVIVA bersama MeetDoctor setiap hari Rabu, pukul 10.00-12.00 WIB di Facebook VIVAlife, Twitter @VIVAlife_ dan Periscope VIVA.co.id.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya