Ketahui Dampak Buruk Tidur dengan Mulut Terbuka

Seorang laki-laki sedang tidur pulas.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Tidur dengan mulut terbuka, biasa dialami oleh siapa saja. Namun tahukah Anda, tidur dengan kondisi mulut terbuka bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan rongga mulut?

Dilansir Daily Mail, para ilmuwan telah menemukan bahwa tidur dengan mulut terbuka bisa jadi salah satu penyebab timbulnya kerusakan gigi. Efeknya, sama seperti mengonsumsi soda sebelum tidur.

Hal ini karena bernapas melalui mulut membuat rongga mulut mengering, menghilangkan efek perlindungan dari air liur, yang memiliki kemampuan alami untuk membunuh bakteri di mulut yang menghasilkan asam.

Sebagai akibatnya, kadar asam meningkat, menimbulkan terjadinya erosi gigi dan pembusukan dapat dimulai saat malam tidur dalam kondisi mulut terbuka.

Para peneliti percaya temuan ini bisa membantu menjelaskan pengamatan dokter gigi bahwa orang yang tidur dengan mulut terbuka memiliki tingkat lebih tinggi mengalami kerusakan gigi.

Kerusakan gigi yang terjadi saat tidur dalam kondisi mulut terbuka seringkali lebih buruk. Ini karena bagian belakang mulut cenderung kering. Dan biasanya, pasien dengan masalah asma dan apnea tidur obstruktif lebih mungkin untuk bernapas melalui mulut di malam hari.

Dan perlu diketahui, dalam kondisi normal, tingkat pH dalam mulut - ukuran keasaman atau kebasaan-- adalah 7,7, ini netral. Tapi tidur dengan mulut terbuka mengurangi ini dengan rata-rata agak asam pH 6,6, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Rehabilitation Oral. Pada beberapa orang, tingkat keasaman naik setinggi 3,6.

Hal ini cukup berisiko untuk mengikis enamel gigi. Efek ini sama seperti mengonsumsi segelas jus jeruk atau sekaleng minuman bersoda sebelum tidur. Jika mulut terbuka saat tidur, otomatis rongga mulut mengering. Hal ini memicu kadar asam meningkat, memicu erosi gigi.

Penelitian pun mengungkap, pria yang paling mungkin mengalami kondisi tidur dengan mulut terbuka. Dan penelitian menemukan,  hampir sepertiga pria bernapas melalui mulut mereka saat tidur, dibandingkan dengan hanya lima persen dari perempuan.

Joanne Choi, seorang peneliti tidur di Universitas Otago di Selandia Baru, dan rekan-rekannya menciptakan sebuah perangkat yang dapat dijepitkan ke gigi di malam hari.

Ini mencatat tingkat keasaman dan mengirimkan data ke komputer.
Dia kemudian meminta 10 relawan untuk tidur dengan klem hidung sehingga mereka terpaksa bernapas melalui mulut mereka pada satu malam.

Pada malam kedua, relawan - yang memiliki usia rata-rata 25 - tidur normal tanpa penjepit.

Choi, seorang mahasiswa PhD, mengatakan, "Studi ini adalah yang pertama untuk terus memantau perubahan pH intra-oral pada orang sehat selama beberapa hari."

"Temuan kami mendukung gagasan bahwa bernapas lewat mulut mungkin memang faktor penyebab penyakit gigi seperti erosi enamel dan karies."

Peneliti Ungkap Bahaya Kurang Tidur Sama Seperti Mabuk

(mus)

Ilustrasi tidur.

Ini Bisa Terjadi Jika Remaja Kurang Tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan sulitnya mengatur emosi.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016