Ini Tips Menjaga Kebersihan Botol Bayi

Sumber :
  • REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

VIVA.co.id -Menjaga kebersihan botol susu dan dot bayi sangat penting dilakukan. Jika kebersihan botol dan dot tidak terjaga dengan baik bukan tidak mungkin bayi akan terserang penyakit, seperti infeksi pada mulut, gigi, tenggorokan, dan yang paling sering gangguan pencernaan.

"Menjaga kebersihan botol susu dan dot bayi sangatlah penting. Sebab dengan hal tersebut dapat membantu menjalani pergerakan tumbuh kembang bayi," ujar Erik van Houten, Head of Marketing, Personal Health, Philips Indonesia kepada VIVA.co.id, Sabtu, 6 Februari 2016.

Lebih lanjut dia menjelaskan tips menjaga kebersihan botol bayi. Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mencuci tangan terlebih dahulu. Kedua, cucilah seluruh komponen botol dan dot di dalam air hangat dengan memakai sabun khusus pembersih botol.

Ketiga, sikat atau bersihkan dengan spons sela-sela botol dan dot untuk membersihkan sisa susu yang menempel di dalam botol. Keempat, bilas dengan bersih, disarankan menggunakan air mengalir.

Setelah dicuci, hal terpenting dalam menjaga kebersihan botol dan dot adalah sterilisasi. Terdapat dua macam sterilisasi, yaitu cara manual dengan merebus dan menggunakan alat sterilisasi.

Untuk cara manualnya masukkan botol dan perlengkapan bayi yang telah dicuci bersih ke panci berisi air. Usahakan agar perlengkapan bayi terendam air dan rebus hingga lima menit.

Setelah itu, matikan pemanas dan biarkan suhu turun dengan sendirinya. Letakkan botol susu bayi pada tempat khusus dan tertutup.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
Ilustrasi kelapa.

Manfaat Sehat Air Kelapa untuk Balita

Bagian terbaik air kelapa adalah rasanya yang manis dan rendah kalori

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016