Kenali Ciri-ciri Spesifik Gangguan Bipolar

Talkshow tentang bipolar di Jakarta, Sabtu, 2 April 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id - Bipolar merupakan gangguan kejiwaan atau suasana hati yang kronis. Sifat dari bipolar, yaitu episodik dan ditandai oleh gejala-gejala manik, hipomanik, depresi dan campuran.

Gangguan bipolar bisa dialami siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Selain itu, juga tidak mengenal batasan usia.

Identifikasi dari gangguan bipolar ternyata bisa dikenali secara mudah. Adapun ciri-ciri tersebut, seperti hilangnya rasa senang dan minat, selalu gelisah, cemas, konsentrasi berkurang dan tidak percaya diri.

"Identifikasi spesifik yang mudah dipahami untuk penderita bipolar, seperti selalu merasa bersalah, nafsu makan berkurang dan selalu cemas. Bila hal tersebut terjadi, orang terdekat bisa mendatangi psikiater," ujar psikiater dr. Yenni D.P, Sp.KJ saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu, 2 April 2016.

Dia menambahkan bahwa ciri-ciri tersebut bisa menjadi terbalik, bahkan terlihat lebih parah. Penderita yang mengalami dua kondisi berlawanan disebut pengidap bipolar disorder dan yang membedakan adalah levelnya.

Level bipolar disorder berada dalam tingkat ekstrem. Jadi, ketika penderita gangguan ini putus asa, mereka bisa berpikir untuk bunuh diri dan ketika mereka semangat akan sangat berlebihan.
 

Gangguan Bipolar, Marshanda: Awalnya Enggak Mau Terima
 Ilustrasi pria pembantah.

Ini Saran Bagi Penderita Bipolar yang Sudah Berkeluarga

Siapkan mental sebelum menceritakan keadaan ini ke pasangan.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2016