Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-paru

Ilustrasi paru-paru
Sumber :
  • csrafamily

VIVA.co.id - Paru-paru merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Jika tidak dijaga dengan baik maka akan mengancam kesehatan.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Ada banyak hal yang bisa mengancam kesehatan paru-paru. Mulai dari asap kendaraan, rokok, debu, hingga partikel jahat lainnya. 

Akibatnya, tubuh mudah terkena berbagai penyakit yang menyerang paru-paru. Sebagai contoh asma, pneumonia, tuberkulosis, dan kanker paru. 

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Untuk menjaga kesehatan paru-paru sebetulnya cukup sederhana. Namun hal ini kerap diabaikan. Oleh karena itu ada baiknya mulai menerapkan cara-cara berikut ini seperti dilansir laman Boldsky agar paru-paru Anda terlindungi.

Polusi kendaran
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
 
Polusi kendaraan mengintai Anda yang kerap bepergian dengan sepeda motor atau berjalan kaki. Secara tak sadar asap dari kendaraan lain akan terhisap dan masuk ke dalam paru-paru Anda. Untuk mengurangi jumlah partikel jahat masuk ke dalam paru-paru, Anda bisa menggunakan masker. Saat ini banyak dijual berbagai jenis masker. Namun pastikan masker tersebut bisa melindungi Anda dari polusi kendaraan.
 
Aktif secara fisik
 
Sama seperti halnya jantung, kesehatan paru-paru juga dipengaruhi seberapa aktif Anda melakukan olahraga. Cobalah untuk mulai meningkatkan aktivitas fisik yang bisa melatih paru-paru. 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya