Yang Harus Diperhatikan Saat di Depan Komputer

Ilustrasi wanita bekerja di depan komputer
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id –  Sering berhadapan dengan layar komputer, bahkan hingga berjam-jam, akan membuat badan terasa pegal. Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

5 Langkah Peregangan untuk Redakan Pegal Saat WFH

Paling sederhana adalah pastikan posisi duduk tegak dan jarak pandang dengan layar tidak kurang dari 30 sentimeter. Selain menjaga postur tubuh, lakukan peregangan kecil secara perlahan, terutama bagian tangan dan bahu.

"Kalau di depan komputer lama, duduk harus tegak, jarak dari komputer 30 sentimeter. Setiap dua jam harus bergerak, stretching (peregangan), gerakan kiri kanan, naikkan bahu, tahan minimal delapan hitungan," kata dr. Ade Tobing, Sp.OK saat ditemui di acara Puncak Pekan Neuropati 2016 di Ancol, Minggu, 15 Mei 2016.

Banyak Diderita Orang Indonesia, Begini Cara Atasi Pengapuran Sendi

Kesalahan posisi duduk bisa menyebabkan kelainan pada tulang belakang. Kelainan tersebut akan memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti penyempitan saraf dan neuropati atau gangguan akibat kerusakan saraf tepi.

"Posisi duduk tidak boleh bungkuk, supaya tulang belakang tidak kena kompresi. Pusatnya itu di tulang belakang. Salah duduk, tidur, berdiri bisa bikin neuropati, bungkuk mempersempit saraf," ujar Ade.

Alami Pengapuran Sendi, Haruskah Langsung Dioperasi?

Ade menjelaskan bahwa kesalahan selama ini yang kerap kali dilakukan oleh kebanyakan orang adalah melakukan peregangan hingga tulang atau sendi mengeluarkan bunyi. Padahal hal tersebut bisa memicu osteoarthritis atau pengapuran sendi.

"Kalau peregangan tidak boleh dibunyikan, tapi gerakkan secara perlahan. Membunyikan tulang bisa menyebabkan osteoarthritis. Lakukan smooth dan gentle delapan sampai 20 hitungan," jelas dr. Ade. (ase)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya