Periksakan Kesehatan Anda Sebelum Mudik

Ilustrasi/Kemacetan di gerbang tol saat mudik.
Sumber :
  • ANTARA/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Tradisi mudik jelang hari raya dilakukan  sebagian besar masyarakat Indonesia. Peningkatan jumlah pemudik selalu diikuti dengan peningkatan jumlah risiko kecelakaan transportasi lalu lintas.

Tips Mudik Anti Loyo Saat Puasa di Tol, Simak Rahasianya!

Pada saat situasi tersebutlah kesehatan fisik dan jiwa pemudik, terutama pengemudi, perlu diperhatikan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Selain membantu mengurangi potensi kecelakaan, pemeriksaan kesehatan juga dapat memperbaiki budaya perilaku pemudik saat arus mudik Lebaran.

"Pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi sangat penting dilakukan sebelum memutuskan untuk mudik. Sebab hal ini dapat mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya pada saat mudik lebaran," ujar dr. Bambang Wibowo, Sp. OG (K) Mars, Direktur Jendral Pelayanan Kesehatan Kemenkses RI saat acara Pertemuan Sosialisasi Kesehatan untuk Mencegah Faktor Risiko Kecelakaan Saat Mudik Lebaran di kawasan Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Siap-Siap Kepadatan Arus Balik, Ini Tips Perjalanan Nyaman Bagi Ibu Hamil

Ia menambahkan, Kementerian Kesehatan menyediakan pelayanan kesehatan pada titik-titik yang dilalui jalur angkutan Lebaran. Pelayanan tersebut akan melayani pemeriksaan kesehatan pengemudi.

Adapun pemeriksaan tersebut dilakukan pada pengemudi yang memiliki jarak tempuh cukup lama setidaknya lebih dari 4 jam atau yang melalui rute padat. Pemeriksaan kesehatan ini juga berlaku bagi pengemudi pengganti dalam satu armada tersebut.

8 Tips agar Mudik Tak Membosankan Saat Terjebak Macet

"Faktor pengemudi berperan penting dalam hal keselamatan penumpang," kata Bambang.

Kegiatan deteksi yang dilakukan ini berupa pemeriksaan tekanan darah, alkohol dalam darah melalui pernafasan, kadar amphetamine di urine dan kadar gula darah. Dengan melakukan kegiatan deteksi tersebut pada pengemudi diharapkan dapat menurunkan angka morbiditas dan mortalitas dari kecelakaan lalu lintas darat.

All New Suzuki Ertiga Hybrid

5 Cara Bikin Mobil Nyaman Walau Kondisi Jalanan Macet saat Mudik Lebaran

Arus mudik lebaran 2024 sudah mulai berlangsung & terjadi beberapa kemacetan di beberapa titik jalur mudik. Walau begitu, ada beberapa cara tetap nyaman berada di mobil.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024