Menstruasi Anda Normal? Ini Tandanya

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Keluarnya darah dari dalam rahim, akibat sel telur yang tidak dibuahi, atau disebut menstruasi, normalnya terjadi pada setiap perempuan. Bagaimana cara mengetahui siklus menstruasi yang normal?

Seram, Viral Masker Wajah Pakai Darah Haid dan Ternyata Ini Dampaknya

Menurut dr. Boy Abidin, SpOG dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, normal, atau tidaknya menstruasi dapat dilihat dari tiga komponen, yaitu siklus menstruasi, lama menstruasi, dan darah yang keluar saat menstruasi.

Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi hingga menstruasi berikutnya. Siklus normal itu terjadi 28 +- 7, sehingga kemungkinan menstruasi berikutnya terjadi pada 21 hari, atau 35 hari setelah menstruasi sebelumnya.

Influencer Rutin Pakai Darah Haidnya di Wajah, Klaim Bikin Wajah Kinclong dan Suburkan Tanaman

"Mentruasi itu disebut normal, kalau ada tiga komponen. Pertama adalah siklus menstruasi, siklus itu dihitung dari hari pertama menstruasi hingga menstruasi berikutnya. Siklus normal adalah 28+-7, jaraknya bisa 21 hari atau 35 hari," ujar dr. Boy di acara Talkshow Muslima Model Muse 2016, di Gandaria City, Jakarta Selatan, Minggu 26 Juni 2016.

Normal, atau tidaknya menstruasi dapat diketahui melalui lamanya menstruasi. Haid normal terjadi selama tiga hingga 10 hari.

4 Cara Mudah untuk Membantu Melancarkan Menstruasi dalam Semalam

"Kedua adalah lama hari haidnya. Haid normal itu berlangsung tiga sampai 10 hari. Kalau ada haid cuma sehari, atau sampai dua minggu itu dianggap tidak normal ada gangguan siklus haid. Kalau kurang dari 21 itu terlalu pendek, atau lebih dari 35 itu tidak normal," ujar dr. Boy.

Selanjutnya, perhatikan volume darah yang keluar. "Biasanya, yang normal 60 sampai 80 cc, atau setara tiga sampai lima pembalut per hari," tutur dr. Boy.

Berdasarkan penjelasan dr. Boy, keteraturan tiga komponen di atas berkaitan dengan gaya hidup mulai dari pola tidur, olahraga dan makanan. Orang yang diet ketat, tidak makan lemak sama sekali, siklus haidnya akan cenderung kacau.

Begitu pula, dengan mereka yang melakukan olahraga secara berlebihan. Tidak hanya itu, pola tidur yang salah juga dapat memengaruhi keteraturan haid Anda.

"Orang yang sering begadang, atau kerja malam biasanya haidnya juga terganggu. Pada jam 10, terdapat perubahan hormonal di otak yang bekerja saat kita tidur. Jika Anda tidak tidur, hormonnya jadi terganggu," kata dia.

Normal, atau tidaknya menstruasi itu bisa dilihat dari tiga siklus pertama jika masih tidak normal sebaiknya periksakan ke dokter. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya