Trik Mengatur Porsi Makan Tepat, Cocok Bagi yang Berdiet

diet
Sumber :
  • Getty Images

VIVA.co.id – Menjaga berat badan, berarti menjaga pola dan asupan makanan sehari hari. Ada kalanya saat menjalani diet, perasaan bersalah muncul setiap kali mengonsumsi satu jenis makanan. Banyak orang beranggapan, diet berarti mengurangi porsi makan secara drastis. Akhirnya, tubuh malah menjadi lemas dan tidak bertenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Diet Vertikal Bagi yang Ingin Punya Badan Kuat dan Besar

Meskipun berdiet, asupan makanan tetap harus ada.Terlebih lagi, ada porsi nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan harus Anda penuhi.Tinggal bagaimana Anda mengatur asupan tersebut agar menjadi menu makanan yang enak.

Ada trik yang biasanya dipakai oleh chef terkenal untuk menyajikan makanan yang tidak hanya lezat tapi juga sehat. Dari jenis hingga pembagian porsi makanan, dan tentunya cocok untuk diterapkan atau menjadi acuan dalam menu diet Anda. Berikut ini cara menyajikan porsi makanan per sajian yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Buzzfeed.

Lakukan Diet Ini untuk Hilangkan Semua Lemak di Perut

Protein

Bagi wanita protein per sajian adalah seukuran telapak tangan wanita, sedangkan bagi pria adalah dua kali ukuran telapak tangan.

Manfaat Daun Ekor Naga untuk Kesehatan

Sayuran

Satu genggam untuk wanita, sedangkan bagi pria 2 genggam sayur.

Karbohidrat

Sedangkan untuk karbohidrat, ambil satu tangkup tangan bagi wanita, dan dua bagi pria.

Lemak

tubuh juga butuh asupan lemak setiap harinya, lemak berguna sebagai bahan bakar energi bagi tubuh. Ukuran lemak yang dibutuhkan tubuh adalah 1 ukuran jempol bagi wanita, dan dua bagi pria.

Namun porsi diatas bisa ditambah atau dikurangi berdasarkan, seberapa sering makan, kebutuhan kalori atau ukuran tubuh, dan seberapa aktif seseorang. Selain itu, nantinya hasil yang dicapai juga dipengaruhi oleh selera dan tingkat kekenyangan seseorang.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya