Lima Trik agar Semangat Berolahraga di Pagi Hari

Wanita jogging.
Sumber :

VIVA.co.id – Berolahraga di malam hari memang bisa jadi solusi bagi Anda yang sulit bangun pagi. Tapi, cara ini terkadang terganjal banyak kendala, seperti kerja lembur hingga sesuatu mendadak yang harus dilakukan.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Memaksa diri bangun pagi dan berolahraga bisa menjadi perjuangan tersendiri bagi banyak orang. Godaan untuk tetap bertahan di tempat tidur, lebih sulit dikalahkan ketika pagi datang. Namun, bagi Anda yang bertekad untuk memulai hidup sehat dengan berolahraga, berikut beberapa trik agar Anda bisa bangun pagi dan berolahraga yang direkomendasikan oleh para pelatih dan nutrisionis seperti dikutip laman Time.

Makan makanan bernutrisi di malam hari

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Noah Neiman, pelatih master di Barry’s Bootcamp di New York City menyarankan, makanlah makanan yang mengandung protein tanpa lemak, sayuran, dan lemak sehat sehingga Anda bisa bangun dengan perasaan segar, tidak lelah, dan lemas. Selain itu, cobalah untuk menunggu setidaknya 90 menit sebelum Anda tidur.

“Anda akan memberikan beberapa waktu untuk perut Anda mencerna makanan jadi perut Anda tidak bergejolak ketika Anda akan tidur,” saran Leslie Bonci, RD, pendiri Active Eating Advice dan direktur nutrisi olahraga di University of Pittburgh Medical Center.

Profil Yoon Sung Bin, Atlet yang Dirumorkan Jadi Pacar Baru Jihyo TWICE

Paksa diri Anda tidur lebih awal

Jika Anda mengikuti saran para ahli untuk tidur 7-8 jam, Anda tidak akan sulit bangun pagi. Jadi Anda harus mengikuti jam tidur internal tubuh Anda. “Tubuh memiliki ritme sirkadian yang bila Anda tidak mengganggunya, bangun pagi akan lebih mudah dilakukan,” kata Joe Holder, Pelatih Nike+ dan pelatih di S10 Training di New York City.

Artinya Anda harus membatasi penggunaan ponsel, komputer, dan televisi sebelum tidur sehingga cahaya biru yang dihasilkannya tidak mengganggu tidur Anda.

Carilah sesuatu yang ingin Anda lakukan

Rasa tidak sabar akan membuat Anda bangun dan beranjak dari tempat tidur. “Tubuh Anda adalah mesin yang sangat mudah beradaptasi jadi dia akan merespons stimulus yang Anda hadirkan,” kata Neiman.

Anda juga bisa mencoba memakan makanan kaya melatonin seperti walnut dan cherry sebelum tidur. Dalam penelitian di tahun 2003, melatonin, hormon yang secara alami muncul untuk membuat siklus tidur, dapat membuat orang tidur lebih cepat.

Cari teman untuk berolahraga 

Tanyakan sekeliling Anda, kemungkinan ada seorang teman Anda yang juga berolahraga pagi atau ingin memulainya.  “Anda akan sedikit merasa bersemangat ketika tahu ada seseorang yang menunggu Anda, dan Anda juga bisa sekaligus berinteraksi secara sosial,” kata Liz Barnet, kepala instruktur kekuatan di Uplift Studio di New York City.

Siapkan keperluan pagi di malam hari

Semakin sedikit yang Anda pikirkan ketika alarm pagi Anda berbunyi, akan semakin baik. “Siapkan sepatu dan pakaian Anda di malam hari. Dan siapkan juga makanan Anda sebelum berolahraga serta pasang pemanas kopi bertepatan dengan alarm Anda,” saran Kristin McGee, instruktur yoga selebriti dan pilates di New York City.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya