Kenali Gejala Carpal Tunnel, Redakan dengan Cara Ini

Ilustrasi kuku.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bekerja seharian di depan komputer memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Berkurangnya kemampuan mata, hingga terkena Carpal tunnel syndrome.

Peringati Hari Kemerdekaan, Check Up di Prodia Cuma Bayar 76%

Istilah Carpal tunnel syndrome mungkin jarang didengar, gejala ini diakibatkan jika seseorang terlalu banyak bekerja di depan komputer.

Awalnya yang dirasakan adalah mati rasa dan kesemutan karena tekanan yang begitu berat pada pergelangan tangan, hingga kemudian menyebabkan nyeri. Jika dibiarkan, hal ini akan membuat pergelangan membengkak, dan yang terburuk, adalah kerusakan saraf atau pembekuan darah.

Jelang Puasa Ramadhan, Haruskah Lakukan Pemeriksaan Kesehatan?

Untuk meredakan gejala ini, Anda bisa melakukan berbagai cara misalnya melakukan peregangan, istirahat, dan menjalankan gaya hidup sehat. Seperti dilansir Boldsky, berikut ini adalah cara untuk meringankan gejala Carpal Tunnel.

Lakukan peregangan

Beroperasi Hari Ini, Pedagang di PGC Cililitan Jalani Pemeriksaan

Melakukan peregangan adalah cara terbaik untuk mengurangi Tekanan pada jalur saraf. Lakukan dalam beberapa kali interval, untuk mendapat rasa nyaman yang cepat, baik di rumah ataupun di meja kantor.

Jika pernah mengalami cidera otot, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada fisioterapi untuk mengetahui gerakan yang tepat.

Pijat dengan minyak zaitun

Pijat pergelangan tangan selama 15 hingga 20 menit dengan minyak zaitun hangat, dan aplikasikan ke daerah yang sakit. Melakukan hal ini tidak hanya meredakan ketegangan di otot tapi juga saraf.

Kantung es

Aplikasikan kantung es untuk mendapat hasil instan dari nyeri dan peradangan. Tidak hanya akan membuat mati rasa dari nyeri, tapi juga mengurangi pembengkakan. Ulangi selama beberapa kali.

Perlu diingat bawah metode ini hanya bersifat sementara dalam meredakan nyeri dan tidak nyaman. Untuk merawat sindrom ini dengan baik, diharapkan untuk selalu menjalani pola hidup sehat, mengubah gaya hidup, dan mengurangi tekanan di pergelangan tangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya