Empat Pilar Sehat Cegah Anak Obesitas

Ilustrasi Cegah Obesitas
Sumber :
  • Pixabay/ bykst

VIVA.co.id – Untuk memenuhi kebutuhan gizi pada anak, telah dibuat 'Tumpeng Gizi Seimbang' oleh pemerintah sebagai acuan untuk orangtua memenuhi kebutuhan gizi buah hati. Namun, ternyata anak masih membutuhkan empat pilar penting untuk asupan makannya.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

Seperti diketahui, Tumpeng Gizi Seimbang fokus dengan aneka ragam makanan penting, seperti karbohidrat, buah dan sayur serta protein, juga porsi lemak dalam jumlah kecil. Selain itu, empat pilar utama juga harus diperhatikan orangtua untuk meningkatkan kesehatan sang buah hati.

"Empat pilar makanan dengan aneka ragamnya. Pertama, kalau salah satu dari tumpeng gizi itu belum terpenuhi maka zat gizi belum lengkap," ujar spesialis kedokteran olahraga, dr. Indrarti Soekotjo, SpKO, yang ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa, 23 Agustus 2016.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

Menurutnya, sumber gizi paling lengkap sudah terdapat dari Air Susu Ibu (ASI) sehingga penting memberikannya secara eksklusif. Pilar kedua yaitu memenuhi kebersihan diri sebelum konsumsi makanan yang disajikan.

"Infeksi sering menerpa anak karena imunnya belum kuat. Makanya peran cuci tangan sebelum makan itu penting agar anak terhindar dari infeksi," jelasnya.

Sama-sama Atasi Obesitas, Apa Perbedaan Operasi Bariatrik dan Balon Lambung?

Selanjutnya yaitu ajak anak bergerak aktif agar terjadi keseimbangan kalori antara yang ia konsumsi dan dibakar tubuh. Terakhir yaitu monitor berat badan anak dengan menghitung asupannya. Hal ini penting diperhatikan, agar jumlah penderita obesitas di kalangan anak tidak terus meningkat.

"Pertama, dari makanan yang masuk, hitung dulu kalorinya. Setelah itu, cari aktivitas untuk membakarnya dengan jumlah kalori yang sama," kata dia.

Ilustrasi serangan jantung

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Penyakit jantung menjadi salah satu masalah kesehatan utama di dunia, menyebabkan jutaan kematian setiap tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024