Suasana di Meja Makan Picu Anak Terapkan Pola Makan Sehat

Makan bersama keluarga.
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Pola makan sehat pada anak, nyatanya harus dimulai dari lingkungan terdekatnya yaitu keluarga. Untuk itu, penting bagi orangtua untuk memahami cara untuk memotivasi anak untuk memulai pola makan sehat.

Langkah Memulai Hidup Sehat, Hindari 6 Makanan Putih Ini

Hal paling pertama yang harus dipahami para orangtua adalah bagaimana seorang anak merupakan peniru ulung dari apa yang ia lihat. Sehingga, apa pun yang anak lihat, akan ia tiru meski nyatanya ia belum mampu membedakan mana yang baik maupun buruk untuknya.

"Anak itu memiliki sifat modelling atau meniru. Jadi, agar anak membentuk pola makan sehat ya harus dimulai dari orangtuanya," ujar psikologi klinis, Dra. Naomi Soetikno, Psi, yang ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa 23 Agustus 2016.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Menurut Naomi, orangtua sudah seharusnya menunjukkan tiga hal yaitu waktu yang tepat untuk makan setiap harinya, jumlah atau porsi makan yang sesuai, dan jenis makanan yang harus dipenuhi tubuh. Selain itu, satu hal lain yang penting yaitu membentuk suasana makan bersama yang menyenangkan.

"Suasana makan di meja makan dengan berkumpul, saling berdiskusi, itu membuat anak merasa jadi bagian keluarga. Anak juga bisa berinteraksi dengan tatap wajah dan mata orangtua sehingga merasakan perhatian," jelasnya.

Kampanye Ajak Masyarakat Indonesia Lebih Sehat Lewat Diskusi Diet Hingga Olahraga

Untuk memberi suasana menyenangkan, sebaiknya hindari beberapa hal yang dapat memicu anak menghindari makan bersama orangtua. Salah satunya dengan selalu memberikan komentar yang tidak menyenangkan saat sedang makan bersama.

"Usahakan tidak memberi komentar terhadap perilaku negatif anak saat sedang makan malam bersama atau malah menjadikan momen itu untuk memarahi anak. Akhirnya anak menghindari momen tersebut karena sudah ketakutan," kata dia.

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024