Bangun Kemampuan Adaptasi Anak Melalui Interaksi Sosial

Ilustrasi kakak beradik.
Sumber :
  • Pixabay/HaiRobe

VIVA.co.id – Dalam masa perkembangannya, seorang anak butuh mendapatkan banyak stimulasi untuk menumbuhkan berbagai kemampuannya. Salah satu cara menstimulasinya melalui pengalaman langsung.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Mengapa belajar dari pengalaman menjadi penting bagi anak? Psikolog anak Efnie Indriyani mengatakan, kurangnya pengalaman yang dimiliki anak akan membuatnya canggung bila berada di situasi sosial yang baru.

"Biasanya dia bingung bagaimana harus bersikap dan bingung juga apa yang harus dilakukan kalau bertemu orang baru," kata Efnie saat ditemui di Kidzania, Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2016.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Berbeda dengan anak yang sudah berpengalaman, dia akan merasa lebih percaya diri dan mengeksplorasi lingkungan barunya. Jika merasa perlu, dia akan berkenalan dengan orang baru dan dia akan beradaptasi dengan situasi apapun yang dia hadapi.

Meski begitu, membangun kemampuan beradaptasi anak harus dilihat juga dari kepribadian si anak. Efnie menuturkan, ada anak yang dikategorikan sebagai anak sensitif. Artinya, dia terlalu peka dalam menghadapi situasi baru dan tidak terlalu percaya diri.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

"Tapi kalau pengalaman yang dibekali oleh kedua orangtuanya cukup, dia punya kesempatan untuk eksplorasi lingkung, apapun itu. Meskipun dia butuh waktu, tapi dia tetap akan bisa beradaptasi," imbuh Efnie.

Untuk anak-anak dengan kategori sensitif ini setidaknya mereka membutuhkan waktu satu jam untuk bisa menyatu dengan lingkungannya yang baru.

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024