Ketahui, Lima Kondisi Berbahaya pada Organ Intim Wanita

Kasus kanker serviks masih menjadi penyebab kematian tertinggi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Semua wanita perlu memahami cara merawat organ intim mereka. Seperti halnya merawat kulit wajah, organ intim wanita juga butuh perhatian khusus. Namun sayang, sangat sedikit dari wanita yang sadar akan pentingnya peduli pada organ kewanitaan.

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Ada beberapa kondisi pada vagina yang bahkan tidak banyak wanita ketahui. Berikut kondisi tersebut seperti dilansir laman Gurl.

Vulvodynia

Awas! Meski Nikmat, Posisi Seks Ini Berbahaya dan Berisiko Bikin Penis Patah

Ini adalah dimana vagina terasa nyeri, terbakar atau gatal di bagian depan, terutama pada bagian vulva. Ini akan jadi hal yang sedikit sulit diketahui penyebabnya. Karena bisa jadi berhubungan dengan luka, lemahnya otot panggul

Fistula vagina

5 Kesalahan Wanita saat Berhubungan Seks, Bikin Urusan Ranjang Gak Nikmat

Ini adalah keadaan di mana ada lubang di dinding vagina dan bagian lain yang berhubungan, seperti kandung kemih, rahim. Biasanya disebabkan luka pada panggul, radioterapi, trauma melahirkan.

Vaginismus

Pernahkah mencoba berhubungan seksual namun menyerah karena sangat sakit? Terkadang itu karena gugup dan kurangnya pelumas, tapi bisa juga karena vaginismus. Gejala lain yang muncul adalah terbakar, merasa ketat, susah memasukkan tampon.

Vaginal Fissures

Vaginal fissures atau retak vagina, terdengar mengerikan. Retak ini biasanya disebabkan usai berhubungan seksual. Penyebabnya bisa karena tingkat estrogen rendah, herpes, infeksi atau berhubungan tanpa adanya pelumas.

Fibroid

Sekitar 77 persen wanita diperkirakan memiliki fibroid atau tumor jinak. Mereka pada dasarnya tumor uterus yang tumbuh selama masa reproduksi. Dan hanya 0,1 persen bersifat kanker dan beberapa lainnya hilang saat memasuki masa menopause.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya