Daftar Makanan Ini Mampu Tingkatkan Kadar Gula Darah

Buah semangka.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Hipoglikemia adalah kondisi rendahnya gula darah dalam tubuh. Meskipun tidak membahayakan, namun rendahnya kadar gula darah dalam tubuh membuat otak tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Sehingga, menimbulkan gejala yang cukup mengganggu aktivitas seperti Lelah, pusing, sulit berkonsentrasi, hingga mudah marah.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Rendahnya kadar gula dalam darah terjadi akibat tubuh tidak dapat menyerap molekul gula yang didapat dari asupan makanan. Molekul gula yang masuk ke dalam aliran darah untuk selanjutnya disalurkan ke seluruh sel-sel yang ada di jaringan tubuh. Namun, sebagian besar sel-sel tubuh tidak bisa menyerap gula tanpa bantuan hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Dalam hal ini, insulin berperan sebagai pembuka pintu bagi masuknya zat gula ke dalam sel.

Jika tingkat gula darah Anda di bawah normal, biasanya mengunyah tablet glukosa mampu membuat kadar gula dalam darah menjadi normal.Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang tak terduga mampu meningkatkan kadar gula darah Anda.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Menambahkan makanan ini dalam menu harian penderita kadar gula rendah dapat mempertahankan tingkat gula darah yang sehat. Seperti dilansir dari laman boldsky, berikut ini rangkaian jenis makanan yang mampu meningkatkan kadar gula darah.

1. Ubi jalar

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Ubi jalar memiliki indeks glikemik tinggi atau sekira 70 karena mereka penuh akan  pati. Karena itu, selain mampu meningkatkan gula darah, ubi jalar juga merupakan sumber yang kaya vitamin dan mineral.

2. Kismis

Kismis memiliki indeks glikemik 64. Karena itu, Anda dapat mengonsumsinya untuk meningkatkan tingkat gula darah Anda. Kismis juga sangat mudah dibawa, dan dapat dinikmati kapan saja.

3. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan pati yang cukup tinggi dan karenanya sangat baik dalam meningkatkan tingkat gula darah.

4. Semangka

Selain mengandung banyak air, semangka mampu tingkatkan gula darah karena memiliki indeks glikemik dari 72. sehingga mampu tingkatkan kadar gula arah. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya