Mengunyah dengan Benar Ternyata dapat Turunkan Berat Badan

Ilustrasi kecanduan makan
Sumber :
  • Pixabay/EME

VIVA.co.id – Semangkuk bubur ayam memang sangat nikmat disantap di pagi hari. Fokus menikmati semangkuk bubur ayam, mungkin membuat kita lupa mengenai anjuran yang baik tentang mengunyah makanan. Tekstur bubur yang lembut tentunya tidak terlalu membutuhkan usaha untuk menelannya. Namun bagaimana dengan jenis makanan yang lain? Apakah Anda sudah mengunyahnya dengan benar? Lalu seberapa penting kegiatan mengunyah bagi kesehatan kita?

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Makanan yang tidak dikunyah dengan baik akan sulit untuk dicerna. Makanan harus dipecah dengan baik sehingga tubuh Anda akan dapat mencernanya dan menyerap nutrisi yang ada di dalamnya. Seperti dilansir dari Boldsky, berikut ini manfaat mengunyah makanan dengan baik.

Manfaat  1

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Anda akan makan lebih sedikit jika Anda mengunyah makanan Anda dengan baik. Umumnya, otak Anda membutuhkan beberapa waktu untuk menyadari betapa banyak Anda makan. Ketika Anda makan dengan cepat, otak Anda tidak akan menyadari. Tapi ketika Anda makan perlahan-lahan dengan mengunyah makanan dengan baik, Anda akan merasa kenyang dan makan dengan porsi lebih sedikit.

Manfaat 2

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Perut akan siap untuk proses pencernaan hanya ketika gigi Anda mulai bekerja. Jadi, mengunyah dengan baik akan meningkatkan pencernaan perut Anda, sehingga perut Anda mendapat sinyal dan membuat persiapan yang diperlukan.

Manfaat 3

Pencernaan dimulai di mulut. Ya, ketika Anda mengunyah makanan dengan baik, air liur dan gigi dapat memecah makanan menjadi partikel yang dikelola lebih mudah untuk pencernaan. Makanan yang tidak dikunyah dengan baik maka tidak dapat dicerna dengan baik.

Manfaat 4

Mengunyah makanan dengan baik akan membuat Anda benar-benar merasakan kelezatan dari tiap makanan yang Anda makan.

Manfaat 5

Mengunyah makanan dengan baik juga dapat memberikan tubuh Anda cukup waktu untuk mengeluarkan hormon tertentu seperti leptin, ghrelin dan sebagainya yang memiliki peran penting dalam proses pencernaan.

Ilustrasi wanita makan apel

Ilustrasi wanita makan apel. Foto: Pixabay/PublicDomainPictures

Manfaat 6

Beberapa studi menyatakan bahwa setiap gigitan harus dikunyah minimal 30-50 kali untuk membuatnya ramah di pencernaan. Tapi, biasanya hanya sedikit orang yang memiliki banyak waktu untuk mengunyah makanan dengan baik.

Manfaat 7

Banyak studi yang mengklaim bahwa orang yang mengunyah secara menyeluruh cenderung memiliki berat badan yang sehat. Selain itu jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan, mengunyah makanan secara menyeluruh dapat membantu Anda mencapai target berat badan yang ingin Anda capai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya