Lewat Dongeng, Hubungan Orangtua dan Anak Bisa Makin Erat

Ilustrasi buku
Sumber :
  • Pixabay/ Mysticsartdesign

VIVA.co.id – Masih ingatkah kapan terakhir kali Anda membaca atau menceritakan dongeng pada si kecil? Belakangan, kebiasaan ini mulai luntur dan tidak banyak dipraktikkan orangtua pada buah hatinya.

Klasemen LaLiga: Dongeng Girona Berlanjut, Real Madrid Ditempel Terus

Biasanya dongeng diceritakan menjelang waktu tidur dan cerita yang diangkat banyak mengandung nilai-nilai moral positif yang baik diajarkan pada anak sejak dini.
Tak hanya itu manfaatnya, mendongeng juga bisa memperkuat hubungan antara orangtua dan anak. Begitulah yang dijelaskan oleh Gery Puraatmadja atau akrab dikenal sebagai 'Paman Gery'.

"Dongeng itu mendekatkan hubungan anak dengan orangtua. Menjadi cara untuk bonding antara orangtua dan anak," kata Gery kepada VIVA.co.id saat ditemui di acara mendongeng bersama Greenfield di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu, 1 Oktober 2016.

Klasemen LaLiga: 'Dongeng' Girona Berlanjut Usai Permalukan Barcelona

Tak hanya itu, Gery menjelaskan bahwa mendongeng tentunya akan meningkatkan daya imajinasi anak. "Saat diceritakan dongeng, anak diberi impuls untuk berimajinasi sembari orangtua mengajarkan nilai baik dan buruk dan pengetahuan," jelasnya.

Mendongeng sebenarnya tidak harus menjelang tidur, Gery menjelaskan. Mendongeng bisa dilakukan kapan saja, bahkan saat sedang berjalan-jalan atau makan bersama dengan buah hati Anda bisa membuat cerita-cerita sederhana dari apa yang ia lihat di lingkungannya.

Soal Pola Asuh Anak, Rinni Wulandari dan Jevin Julian Pakai Cara Teamwork
Pemain Real Madrid, Jude Bellingham jebol gawang Girona

Klasemen LaLiga: Real Madrid Hancurkan 'Dongeng' Girona

Real Madrid menghancurkan 'dongeng' Girona. Los Blancos menghajar Girona 4-0 dalam lanjutan LaLiga di Santago Bernabeu, Minggu dini hari WIB, 11 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2024