Studi: Duduk Selama 10 Jam Sehari Bikin Usia Sel Menua

Ilustrasi duduk
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebuah penelitian menyebutkan, duduk selama lebih dari sepuluh jam sehari ternyata mampu membuat seseorang secara biologis berusia delapan tahun lebih tua.

Semarak PON XX Papua, Ini 5 Rekomendasi Olahraga Ringan di Rumah

Diketahui, mereka yang duduk dalam waktu yang lama dan kurang berolahraga memiliki sel-sel yang secara biologis lebih tua dari mereka yang bergerak dan berpindah.

Para peneliti dari Universitas California di San Diego mempelajari hampir 1.500 perempuan berusia 64-95. Mereka menemukan orang-orang yang duduk selama lebih dari sepuluh jam, dan minim aktivitas olahraga (kurang dari 40 menit) adalah yang paling berpengaruh.

Lakukan 5 Olahraga Ini agar Tetap Sehat Selama Ramadan

Dilansir The Sun, Dr Aladdin Shadyab, kepala peneliti tersebut mengatakan bahwa orang yang menghabiskan waktu berjam-jam duduk di meja atau di kursi di rumah bisa meningkatkan beberapa risiko.  

"Penelitian kami menemukan usia sel lebih cepat menua dengan gaya hidup yang buruk," kata dia.

Ini Jenis dan Waktu yang Tepat Olahraga saat Puasa

Shadyab menemukan bahwa wanita yang duduk lebih lama akan memiliki tolomere (Rangkaian DNA) lebih pendek jika mereka berolahraga minimal 30 menit sehari.

"Diskusi tentang manfaat olahraga harus dimulai ketika kita masih muda, dan aktivitas fisik harus terus menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari seiring bertambahnya usia, bahkan pada usia 80 tahun."

Pedoman Nasional Inggris menyarankan orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit latihan dengan intensitas sedang atau 75 menit latihan intensitas kuat setiap minggu.

Kepala kesehatan menyarankan minimal melakukan 30 menit latihan dengan intensitas sedang selama lima hari seminggu.

Mereka juga menyarankan semua orang dewasa harus meminimalkan jumlah waktu yang dihabiskan untuk duduk dalam waktu yang lama.

Dr Shadyab mengatakan tim risetnya adalah yang pertama mengukur bagaimana kombinasi waktu duduk dan olahraga dapat memengaruhi penuaan telomere. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya