Ketahui Kandungan Vitamin C yang Baik untuk Kulit Sensitif

Ilustrasi suplemen vitamin C.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Manfaat vitamin C untuk kulit memang sudah tidak diragukan lagi. Vitamin yang mengandung antioksidan ini bisa mencegah berbagai kerusakan akibat radikal bebas dan melindungi kulit dari radiasi ultraviolet.

Rahasia Turun-temurun Dapatkan Kulit Cerah dan Glowing

Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat meningkatkan elastisitas kulit serta membantu pembentukan jaringan parut dan ligamen untuk mempercapat proses penyembuhan. Begitu bermanfaatnya vitamin C, namun ternyata tidak semua vitamin C cocok untuk kulit, khususnya bagi si pemilik kulit sensitif.

Heddy Kandou selaku Owner dan Managing Director SamKim Skincare & Cosmetics Indonesia & ASEAN mengatakan, orang yang berkulit sensitif harus memperhatikan sumber vitamin C yang dikonsumsinya.

5 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

"Untuk kulit yang sensitif, tidak semua cocok dengan vitamin C. Mereka bisa memilih kandungan vitamin C seperti magnesium ascorbic phosphate atau sodium ascorbyl phosphate," ujar Heddy kepada VIVA.co.id.

Dia menuturkan, kedua bahan tersebut sangat jarang menyebabkan iritasi berlebih dan aman. Sebaliknya, Anda disarankan untuk menghindari sumber vitamin C yang terkenal mengandung potent, atau ascorbic acid.

Perlukah Konsumsi Vitamin C 1000 Saat Kondisi Tubuh Sedang Fit?

Meski hasilnya lebih cepat ketimbang magnesium ascorbic phosphate atau sodium ascorbyl phosphate, namun kandungan potent dan acorbic acid cenderung dapat mengiritasi kulit. Itu lantaran pada acorbic acid juga sering ditemui alkohol dalam kandungannya.

Kendati demikian, Heddy mengatakan, dari pemilihan sumber vitamin C sebaiknya perhatikan pula tingkat sensitivitas kulit. Selain itu, jangan gunakan terlalu banyak krim atau serum dengan kandungan vitamin C, cukup tipis-tipis saja.

"Pada pemakaiannya perlu diperhatikan dari sensitivitas kulitnya. Sebab, dari situ nanti akan terlihat efeknya. Tidak usah terlalu banyak juga penerapannya," ucapnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya