Pengidap Menstruasi Dini Berisiko Terserang Hipertensi

Ilustrasi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Hipertensi pada wanita masih dianggap hal yang remeh, padahal wanita paling rentan mengalami hipertensi di usia lanjutnya. Pada usia yang lebih muda, prevalensi atau jumlah penderita hipertensi pada wanita memang lebih rendah dibanding pria. Tapi, ketika wanita sudah memasuki masa menopause, risiko terkena hipertensi akan lebih tinggi.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

"Hipertensi pada wanita sering dianggap remeh dan sering tidak terdiagnosis. Ada persepsi salah bahwa hipertensi pada wanita lebih rendah daripada laki-laki," kata dr. Tunggul D. Situmorang, Sp.PD-KGH saat konferensi pers 11th Scientific Meeting of Indonesian Society of Hypertension di Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis 23 Februari 2017.

Penyakit kardiovaskuler menjadi penyakit yang paling sering terjadi pada wanita. Bahkan gangguan kardiovaskular lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan kanker. Jadi, kata dr. Tunggul, selain pencegahan kanker yang kini banyak digencarkan pada wanita, pencegahan hipertensi juga harus ditingkatkan.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Selain itu, lanjut dr. Tunggul ada hal unik pada wanita yang meningkatkan risikonya terkena hipertensi.

"Pada wanita yang memulai siklus haidnya lebih awal, usia 11 atau 12 tahun, risikonya terkena hipertensi akan lebih tinggi," imbuh dr. Tunggul.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Faktor lainnya adalah menopause dan histerektomi. Wanita yang mengalami PMS, wanita yang memakai kontrasepsi oral, kehamilan juga ada kecenderungan menderita hipertensi.

"Kegemukan dan riwayat keluarga merupakan sifat umum terjadinya hipertensi. Jadi ada banyak hal yang harus diwaspadai wanita," ujar dr. Tunggul. (ren)

Cek hipertensi atau darah tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Untuk mengurangi masalah ini, salah satunya makanan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024