Ayah Pecandu Narkoba Berpotensi Sebabkan Bayi Lahir Cacat

Ilustrasi pria mengasuh anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Ketika mengandung, segala hal yang dilakukan calon ibu, terutama soal asupan makanan tidak boleh dilakukan sembarangan. Selain memerhatikan asupan, hal penting lainnya adalah menjaga tingkah, perilaku, hingga gaya hidup.

Tahun 2023: BNN Bali Terima 410 Pecandu Narkoba yang Minta Direhabilitasi

Meskipun calon ibu sebagai poros kesehatan bayi, namun, calon ayah ternyata juga memiliki peran penting dalam pembentukan janin.

Menurut studi dalam Molecular Psychiatry, calon ayah yang pecandu kokain berisiko memiliki keturunan anak lelaki yang cacat dan sulit mengingat.

Ammar Zoni Ditangkap Lagi, 4 Cara Ini Bisa Jadi Solusi Mengatasi Kecanduan Narkoba

"Hasil ini menemukan bahwa anak laki-laki dari seorang pria yang kecanduan kokain, berisiko pada kesulitan untuk belajar," ujar peneliti senior, Christopher Pierce.

Dilansir dari Medical Daily, tim peneliti menemukan bahwa bahan kimia dari kokain, timbul di otak anak tersebut. Sehingga, menganggu fungsi mengingat dan kemampuan belajarnya.

Ganjar Pranowo Beri Motivasi Pencandu Narkoba yang Jalani Rehab di Ponpes di Palembang

Tidak hanya kokain, studi tahun 2013 turut menemukan efek samping penggunaan ganja dari orangtua pada anak. Anak lelaki yang terkena paparan ganja, memiliki motivasi yang rendah dan cenderung mengalami peningkatan berat badan berlebihan.

Selain kedua bahan itu, proses pembuatan bayi tabung, ternyata turut berdampak kurang baik pada janin kelak. Anak lelaki yang lahir dari program bayi tabung, memiliki kadar sperma lebih rendah dari janin yang terbentuk secara alami.

Hal ini memungkinkan kondisi kurang subur pada banyak anak lelaki dari hasil program bayi tabung. Maka, jika orang tua masih bisa melakukan proses pembuatan janin secara alami, sebaiknya dilakukan dengan usaha lebih baik untuk menghindari kondisi ketidaksuburan pada buah hati. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya