ASI juga Bisa jadi Penyebab Gigi Berlubang

Ilustrasi bayi tertawa
Sumber :
  • Pixabay/ tshirtevolution

VIVA.co.id – Karies gigi adalah sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi. Penyakit ini menyebabkan gigi berlubang. Karies, jadi masalah gigi yang paling sering dialami oleh anak-anak. Bahkan, masalah yang dialami dapat terjadi akibat konsumsi ASI dan susu formula.

13 Obat Sakit Gigi Alami dan Obat Apotik yang Paling Ampuh

Gigi yang kecokelatan dan bahkan berwarna hitam pada si kecil menjadi masalah yang paling sering dialami oleh kelompok anak di dunia. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya kebersihan mulut. Untuk masalah ini, orangtua pun harus turun tangan membantu si kecil menjaga kebersihan rongga mulutnya.

"Peranan orangtua sangat penting untuk mencegah karies pada anak. Anak bisa mengalami early childhood carries akibat konsumsi ASI mau pun susu formula," ujar spesialis gigi anak, drg. Felicia Melati Sp.KGA, dalam acara Peduli Kesehatan Gigi Anak, di kawasan Menteng, Selasa, 28 Februari 2017.

3 Pertolongan Pertama Gigi Berlubang, Mudah Banget!

Dituturkannya, susu dan ASI yang dibawa hingga anak tertidur, membuat susu menempel terlalu lama. Hal ini menyebabkan gigi mudah tergerus hingga menyebabkan warna dan tekstur gigi berubah.

"Asam yang disebabkan oleh bakteri di mulut membuat gigi tergerus. Biasanya, pada karies jenis ini, khas dengan adanya white spot dulu di bagian gigi depan yang kemudian diikuti bagian interdental," kata Felicia.

Jangan Disepelekan, Gigi Keropos Anak Picu Gangguan Jantung

Untuk mencegah terjadinya karies gigi di usia dini, diusahan agar orangtua mau rajin membersihkan sisa-sisa susu yang menempel pada gigi anak. Terlebih, pada anak usia dini, bisa cukup menggunakan kassa basah.

"Tidah perlu repot menyikat gigi anak. Sederhana saja, bersihkan dengan kassa basah. Kemudian hindari kebiasaan anak yang minum susu sambil tertidur tanpa dibersihkan, dan usahakan anak bisa ke dokter gigi dua kali dalam setahun," lanjut Felicia. (ren)

ilustrasi sakit gigi.

VIDEO: Enggak Mau Sakit Gigi? Hindari Konsumsi Jenis Makanan Ini

Gigi berlubang disebabkan oleh penumpukan bakteri pada mulut, sering mengonsumsi makanan yang manis, serta kebersihan mulut

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2021