Tanda Hadirnya Penyakit Serius di Balik Gangguan Mata

Mata
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Rasa tak nyaman yang terasa ketika sakit mata, tentunya sangat mengganggu dan membuat Anda ingin segera mengobatinya. Bila hanya sekadar iritasi ringan, mungkin keluhan akan segera hilang dengan obat mata.

Antibiotik Alami Ini Ampuh Singkirkan Berbagai Penyakit

Namun ada beberapa gejala yang terjadi pada mata, ternyata bisa menjadi tanda dari gangguan kesehatan lain yang serius. Berikut penjelasannya dilansir dari Daily Mail.

Mata panda

Gangguan yang satu ini adalah yang peling sering dialami dan ingin disingkirkan. Munculnya gangguan ini dipicu oleh pola tidur yang berantakan. Namun, gejala mata panda, atau adanya lingkaran hitam di sekitar kelopak mata, bisa juga menjadi tanda dari gejala anemia dan gangguan pada kelenjar tiroid Anda. Konsumsi makanan bervitamin C adalah salah satu solusi yang tepat untuk meredakan gejala ini.

Mata kuning

Warna alami dari mata adalah didominasi oleh warna putih terang. Namun, bila warna putih itu berubah menjadi kekuningan, seharusnya Anda berhati-hati. Karena, bisa saja hal tersebut merupakan tanda dari kerusakan organ hati Anda.

Hal ini bisa disiasati dengan menjauhkan konsumsi alkohol, rokok, dan makanan olahan, yang dapat berdampak pada hati, sebagai salah satu organ cerna. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta lengkapi menu Anda dengan asupan air putih yang optimal.

Mata kering

Berkegiatan di luar ruangan seharian, bisa memicu terjadi kering pada mata. Namun, mata kering juga bisa menjadi tanda dari tubuh Anda yang kekurangan vitamin A. Tingkatkanlah asupan makanan seperti buah yang berwarna cerah seperti apel, wortel, dan tomat, yang memiliki kandungan betacarotene, yang merangasang asupan vitamin Anda dalam tubuh. Dengan begitu mata takkan kekurangan vitamin yang dibutuhkannya.

Mata sembab

Yang satu ini sering terjadi selepas terjadi pertengkaran besar bersama pasangan. Namun, sembab pada mata bisa juga berarti bahwa tubuh Anda terlalu banyak mengonsumsi garam, yang mengandung sodium.

Tak Semua Kejang Dikategorikan Epilepsi

Ketidakimbangan kadar sodium dalam tubuh, juga dapat memengaruhi kelenjar tiroid dalam tubuh. Untuk itu, kurangi konsumsi garam, dan perbanyak konsumsi air putih yang bisa melancarkan aliran tubuh dan mencegah terjadi sembab pada mata.

Baca juga:

Ilmuwan Ungkap Alasan Mata Terpejam saat Ciuman

(ase)

Rindu Itu Penyakit!

Rindu Itu Penyakit

Aku sempat mati rasa karena rindu yang tak juga menemukan jumpa.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016