Mengenali dan Mengatasi Osteoarthritis

Ilustrasi Kulit Keriput
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Kisah Nenek Sebatang Kara dan Ingkar Janji Bupati
- Menginjak usia lanjut, manusia erat dengan beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan daya tahan tubuh yang mulai berkurang. Namun, ada satu penyakit yang mungkin belum begitu akrab di telinga Anda.

Kisah Tragis Dua Pemulung Renta di Banjarnegara

Baca juga:
Niat Mulia Ahok untuk Kakek Nenek di Jakarta


Osteoarthritis (OA), merupakan penyakit degeneratif yang banyak mengancam kesehatan persendian lansia. Menurut dr M Rizal Chaidir SpOT (K), OA bisa menyerang seluruh bagian tubuh terutama bagian lutut, jari tangan, bahu, tungkai pinggul, dan pergelangan kaki. "Ini salah satu tipe Arthritis yang paling sering terjadi, karena keausan sendi yang berakibat kerusakan tulang rawan sendi,” katanya.


Rizal mengungkapkan, OA dapat ditandai beberapa gejala seperti rasa sakit setelah bergerak berlebihan, kaku, dan bengkak pada sendi, sampai kehilangan fleksibilitas.


"Yang paling rawan adalah bagian sendi lutut dan panggung, yang bekerja paling berat untuk menopang tubuh. Semakin berat tubuhnya, semakin besar risiko penyakitnya," demikian ungkapnya, dalam acara CombiHealth Forum: Combiphar Edukasi Osteoarthritis di Hotel Indonesia Kempinski, pada Sabtu, 29 Agustus 2015.


Adapun kelompok yang berisiko terkena OA, di antaranya untuk yang menderita penyakit diabetes, obesitas, rheumatoid, dan atlet. Karena bahayanya yang cukup mengkhawatirkan, OA harus ditangani dengan baik, dan dicegah sejak dini.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya