Lima 'Blue Hole' Terindah di Dunia

The Great Blue Hole, Belize.
Sumber :
  • Belize
VIVA.co.id
Pemalang Siap Tawarkan Desa Wisata Cikendung
- Istilah
black hole
Jemput Wisatawan, Pemalang Akan Bangun Bandara
atau lubang hitam sudah sangat populer di seluruh dunia. Lubang ini dipercaya sebagai ruang waktu dengan gravitasi paling kuat. Namun, pernahkah Anda dengar istilah blue hole
Menilik Keindahan Tempat Wisata di Pemalang
?

Blue hole atau lubang biru ini jauh dari kesan menyeramkan. Justru akan memberikan Anda keindahan bawah laut yang luar biasa.

Blue hole berada di bawah air yang dibentuk oleh erosi batuan karbonat yang kemudian muncul sebagai lingkaran biru gelap air di laut. Lubang ini biasanya terletak di daerah pesisir dataran rendah yang pada ribuan tahun lalu berada di atas permukaan laut.

Ketika permukaan laut naik karena mencairnya gletser, beberapa lubang ini menjadi terendam. Karena sangat dalam, lubang biru gelap muncul.

Ini menciptakan warna air yang sangat kontras, membentuk garis alami yang dapat dengan mudah dilihat dari permukaan.

Berikut lima blue hole yang sangat indah dari berbagai dunia, dilansir dari Amusing Planet.

The Great Blue Hole, Belize, Amerika Tengah

Lubang biru yang paling terkenal terletak di lepas pantai Belize, sebuah negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah. Terletak di dekat pusat Lighthouse Reef, sebuah atol kecil 70 km dari daratan dan Belize City.

The Great Blue Hole memiliki kedalaman 124 meter. Terbentuk selama beberapa episode glaciation kuaterner antara 150 ribu hingga 15 ribu tahun yang lalu. Ini merupakan tempat yang populer di kalangan penyelam scuba rekreasi.

Dean Blue Hole, Bahama

Dean Blue Hole yang terletak di Clarence Town, Long Island, Bahama ini dikenal sebagai lubang biru terdalam di dunia. Sebagian besar lubang biru lain, kedalamannya hanya mencapai 110 meter. Sedangkan Dean Blue Hole dari 200 meter, yang membuatnya cukup luar biasa.

Dean Blue Hole memiliki diameter mulai dari 25 hingga 35 meter. Setelah turun 20 meter, lubang melebar jauh ke dalam gua dengan diameter 100 meter.

Blue Hole Dahab

Blue hole ini terletak di pantai Laut Merah, beberapa kilometer utara dari Dahab, Mesir. Ini adalah lubang biru terdalam kedua dengan kedalaman 130 meter. Namun, The Blue Hole ini telah merenggut nyawa banyak penyelam yang berusaha menemukan terowongan melalui karang yang dikenal sebagai "The Arch". Terowongan ini menghubungkan Lubang Biru dan air terbuka di sekitar 52 meter kedalaman.

The Blue Hole of Gozo

The Blue Hole terletak di pantai barat pulau Gozo, Malta di Nusantara, di Laut Mediterania. Ini adalah lubang yang dalam 15 meter dan lebar 10 meter di batuan dasar tebing. Underwater, lubang biru dihubungkan oleh sebuah terowongan ke laut terbuka.

Blue Hole Watling, Bahama

Beberapa lubang biru juga terjadi di darat, seperti Blue Hole Watling yang terletak di Bahama pulau San Salvador. Meskipun berada di tengah-tengah sebuah pulau tropis hujan, lubang biru Watling memiliki lubang yang terhubung ke laut oleh sebuah terowongan bawah tanah.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya