WHO: Menghisap Shisha Sama Dengan Merokok 100 Batang

Ilustrasi sisha
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ini Penyebab Rokok Elektrik Makin Digemari Remaja
- Jika Anda berpikir menghisap hookah atau shisha jauh lebih aman dari merokok, tampaknya Anda perlu berpikir dua kali.

Kemenperin Diminta Revisi Road Map Industri Rokok
Dilansir dari Food world News, organisasi kesehatan dunia WHO mengungkapkan, menghisap shisha selama satu jam sama dengan merokok lima bungkus atau 100 batang rokok.

Bonus Demografi Indonesia Terancam Bahaya Rokok
Hal ini sangat bertentangan dengan opini masyarakat yang menurut sebuah jajak pendapat, banyak orang terutama remaja percaya bahwa menghisap shisha atau rokok elektrik adalah alternatif merokok yang lebih aman.

Temuan WHO tersebut didapat dari studi yang dilakukan pada sebanyak 2.871 remaja dan orang dewasa, baik yang perokok maupun yang bukan perokok.

Studi yang telah dipublikasikan di jurnal Health, education & Behavior tersebut menunjukkan, sebanyak 25 persen koresponden mengaku percaya shisha dan rokok elektrik jauh lebih aman dari rokok biasa.

Studi lain yang pernah dilakukan oleh Centers for Disease Control and prevention menunjukkan, rokok elektrik saat ini lebih populer dibandingkan rokok biasa.

Meski bahaya shisha dan rokok elektrik sama-sama belum jelas, namun banyak ahli yang percaya bahwa terdapat bahaya yang belum diketahui yang dapat terjadi bagi mereka yang menggunakan shisha dan rokok elektrik secara rutin. Para ahli juga berpendapat bahwa baik shisha maupun rokok elektrik juga mampu membuat pemakainya kecanduan.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya