Ini Batas Waktu Maksimal Anak Bermain 'Gadget'

Seminar Kesehatan tumbung kembang anak
Sumber :
  • Viva / Dhea Amanda

VIVA.co.id - Perkembangan teknologi yang pesat saat ini, sedikit banyak memberi pengaruh pada segala aspek kehidupan. Salah satunya pada pola dan cara pengasuhan anak (parenting) yang dilakukan orangtua.

Baca juga:
Ayah bunda saat ini, cenderung memilih mendekatkan anak dengan gadget, untuk membantu sang anak belajar di masa tumbuh kembangnya. Namun apakah cara tersebut tepat untuk dilakukan?

Menurut Roslina Verauli, M. Psi., Psi., mengenalkan gadget kepada anak sah-sah saja, namun tentunya ada peraturan dan tata caranya. "Belajar dari media seperti gadget, video games, dan televisi, kurang optimal, karena hanya bersifat satu arah. Sedangkan tumbuh kembang anak yang optimal membutuhkan interaksi dua arah antara sang anak dan ibu," ujarnya ditemui dalam acara Kenali dan Eksplorasi Lebih, bersama BebeExplora, di Jakarta, pada Rabu, 2 September 2015.

Dalam kesempatan tersebut Vera menyatakan, rekomendasi yang berasal dari Amerika Serikat menunjukkan bahwa, waktu 1-2 jam adalah batas waktu maksimal memberikan anak bermain gadget.

Cara Menjaga Layar Sentuh Pada Gadget

"Anak tetap butuh panduan dari ayah maupun ibunya, untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan optimal dan maksimal," ujarnya.

"Bukan berarti main gadget itu buruk ya," ujar Vera.

Gadget bisa mendukung proses pembelajaran anak, namun tidak baik untuk dijadikan tuntunan bagi para orangtua dalam mendidik dan membesarkan buah hati. Berikanlah kasih sayang yang maksimal, dan gizi yang tepat, untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak kesayangan.

Pelajaran Moral dan Budaya dalam Kurikulum Sekolah
Peresmian PAUD Percontohan

Stimulasi Kepintaran Anak Lewat Membaca

Orangtua bisa menstimulasi word smart anak dengan cara membaca.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016