Mengapa Pria Berpoligami

VIVAnews - Wanita mana yang tidak kesal mendengar lirik lagu bertajuk "Beristri Dua" yang dinyanyikan musisi Ahmad Dani. Anehnya, tetap saja masih banyak pria yang melakukan poligami. Sebenarnya apakah poligami berbeda dari selingkuh? Dan, apa alasan pria melakukannya?

Menurut psikolog, Maria Susanti, tak jauh berbeda dari perselingkuhan, poligami diawali dengan adanya wanita lain di hari seorang pria selain sang istri. "Karena itu, poligami umumnya diawali dari perselingkuhan," kata Maria.

Pendapat ini didukung oleh pelawak Kiwil, yang mengaku ia berpoligami, karena tak ingin menyudahi hubungannya dengan wanita lain selain istrinya. Karena istrinya menyetujui, ia pun menikahi wanita tersebut untuk menjadi istri keduanya.  

Jika pria berpoligami, biasanya selalu ada kilah yang bisa dimanfaatkan pria untuk menjelaskan alasan mereka. Katanya, pria berpoligami tidak untuk menikmati seks yang lebih menggebu-gebu dengan wanita yang lebih muda, atau lebih langsing. Benarkah?

Menurut Maria, di luar adanya unsur agama, alasan pria melakukan poligami memang bisa bermacam-macam. "Entah itu, bertemu WIL (wanita idaman lain) yang lebih menarik atau perhatian. Atau, memang ada kesempatan untuk melakukan poligami. Tapi, memang tak bisa dipungkiri, istri kadangkala bisa punya andil pria melakukan poligami," ujar Maria menjelaskan.

Berikut beberapa alasan hati pria berpaling ke wanita lain, yang bisa berujung peda poligami:

1. Tak Tahan Godaan.
Tak ada kucing yang menolak ikan, begitu anekdot untuk para pria mata keranjang. Siapa yang tahan digoda perempuan cantik? Sekuat-kuatnya pertahanan, lama-lama runtuh juga.

2.Butuh tantangan.
Beberapa pria menganggap poligami seperti tantangan. Butuh nyali besar dan kepintaran atur strategi untuk memiliki dua pendamping hidup. Selain itu, mereka juga tak bisa lupa asyiknya menaklukkan lawan jenisnya.

3. Stres
Hati pria bisa mendua bisa karena stres berlebihan. Bila wanita bertemu teman wanitanya, misal teman kerja, saat dalam keadaan stres, teman wanitanya akan merasakannya dan berusaha menghiburnya, mencoba membantu menghilangkan kecemasannya, tanpa diminta. Perhatian itulah yang bisa berbuah menjadi benih-benih perselingkuhan.

4. Tak ingin terlihat lemah
Di mata sesama teman prianya, pria bisa terlihat jagoan jika bisa menaklukkan wanita lain selain istrinya. Hal itu bisa menjadi kebanggaan untuknya.

IRT di Kalbar Tewas Bersimbah Darah dengan Luka Tembak, Polisi Lakukan Penyelidikan
Loreal Brandstorm 2024

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

3 mahasiswi dari ITB yakni Clara Sinaga, Priscilla A. Napitupulu dan Saskia Febriend, menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah kerontokan rambut non invasif

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024