Atasi Rambut Berminyak Agar Bebas Ketombe

VIVAnews - Rambut yang berminyak cenderung sulit diatur dan selalu terlihat kotor serta lepek. Keadaan rambut berminyak bisa sangat merusak penampilan dan kepercayaan diri.

Banyak orang yang memiliki masalah rambut berminyak dan mengatasinya dengan menjepit atau menguncirnya. Sebenarnya masalah rambut berminyak sangat tergantung dari produktivitas kelenjar minyak dari tiap individu. Kelenjar minyak tersebut terdapat tidak jauh dari kulit kepala dan akan mengeluarkan minyak untuk menjaga kelembaban rambut.

Produksi minyak dari kelenjar tersebut bisa berlebihan dan dipengaruhi oleh perubahan hormon. Stres dan obat-obatan juga bisa memicu produksi minyak berlebih. Makanan yang Anda konsumsi dan suhu juga berpengaruh pada keadaan rambut.

Rambut berminyak tidak hanya membuatnya sulit diatur tetapi juga bisa memicu timbulnya ketombe atau jerawat di kulit kepala. Jadi Anda harus melakukan perawatan khusus agar rambut yang berminyak tidak menimbulkan masalah lain.

Untuk mengatasinya pilihlah sampo untuk jenis rambut berminyak yang banyak dijual di pasaran. Shampo tersebut biasanya tidak mengandung banyak pelembab dan bisa mengurangi minyak di kulit kepala. Untuk sementara, hindari menggunakan conditioner yang mengandung pelembab tinggi karena akan membuat rambut semakin berminyak.

Keramaslah dengan menggunakan air hangat kemudian bilas lagi dengan air dingin. Hal itu bisa sedikit mengurangi produksi minyak di kulit kepala. Untuk perawatan, pijatlah kulit kepala Anda menggunakan campuran satu gelas air dengan satu sendok makan cuka apel atau perasan jeruk lemon.

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Bahlil Lahadalia merespons tudingan dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. Ia dituding tak netral dengan mendampingi Gibran Rakabuming Raka ke Papua.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024