Hati-hati, Obesitas Bisa Picu Asma

VIVAnews - Wanita yang mengalami masalah obesitas berisiko tinggi terkena penyakit asma. Lalu, seseorang yang memiliki bobot tubuh normal tetapi ukuran lingkar perutnya sangat lebar juga berisiko tinggi terkena asma.

Hal itu diketahui dari penelitian yang dilakukan oleh tim dari Northern California Cancer Center. Tim peneliti mengungkapkan kalau wanita yang obesitas jauh lebih berisiko terkena asma dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat normal tetapi lingkar perut lebih dari 34 inci atau 88 cm.

"Obesitas bisa membuat gejala asma yang dialami penderita semakin parah," kata salah satu peneliti, Julia Von Behrentold, seperti VIVAnews kutip dari Genius Beauty, Kamis, 5 November 2009.

Penelitian tersebut melibatkan 88.304 wanita yang mengalami obesitas. Beberapa wanita tersebut harus menjalani perawatan intensif ketika menglami serangan asma. Lalu, sebanyak 13 persen wanita memiliki indeks masaa tubuh (IMT) 30 dan sebesar 1,5 persen memiliki IMT 40. Ukuran IMT memang bisa dijadikan tolak ukur untuk menentukan seseorang mengalami obesitas atau tidak.

Sebesar apapun angka IMT, bagi wanita yang obesitas sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Tidak hanya risiko penyakit jantung tetapi juga risiko asma sangat tinggi. Olahraga teratur dan menerapkan pola makan yang sehat adalah solusi yang paling tepat agar terhindar dari obesitas.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024