VIVALIFE

Tanda-tanda Anda Positif Terkena Depresi

Jika Anda merasa sedang 'tidak normal', bisa jadi anda sedang mengalami gejala depresi.
Senin, 9 November 2009
Oleh : Irina Damayanti, Mutia Nugraheni
Wanita tutup kuping

VIVAnews - Depresi bisa terjadi pada siapa saja, termasuk Anda. Seringkali, seseorang tidak mengetahui bahwa ia sedang dalam keadaan depresi.

Untuk itu kenali tanda-tanda depresi, karena jika tidak segera diatasi bisa menimbulkan gangguan kejiwaan yang lebih parah.

- Kesedihan ekstrim
Rasa sedih berhari-hari dan terkadang menangis di tengah keramaian menjadi tanda seseorang terkena depresi. Rasa sedih yang dialami juga seringkali hingga menimbulkan rasa nyeri di beberapa anggota tubuh.

- Kehilangan nafsu makan
Jika seseorang tidak lagi memiliki keinginan untuk menyantap makanan favoritnya dan kehilangan nafsu makan secara drastis, biasanya akan terjadi perubahan emosi dalam dirinya. Hal ini juga termasuk ciri-ciri seseorang mengalami depresi. Hilangnya selera makan biasanya disertai dengan sulit tidur.

- Acuh
Depresi juga ditandai dengan rasa pesimis yang membuat seseorang menjadi acuh pada dirinya sendiri dan keadaan sekitarnya. Ia tidak lagi memikirkan masa depan dan cenderung memandang segala hal dalam kacamata negatif. 

- Emosi yang meledak-ledak

Seseorang yang depresi, emosinya bisa meledak-ledak dan tidak terkendali. Saat ia marah, biasanya disertai rasa sakit kepala yang hebat.

- Lemas
Keadaan depresi juga ditandai dengan perasaan dan pikiran yang tiba-tiba kosong. Tubuh terasa tidak berenergi, lemas, dan timbul rasa nyeri di otot.

TERKAIT
TERPOPULER