Merawat Payudara di Berbagai Usia

VIVAnews - Memiliki payudara yang serasi dengan bentuk, tinggi, dan berat badan -- apalagi mulus-- pastilah menjadi gambaran ideal kaum wanita. Supaya payudara bisa menjadi kebanggaan dan kesehatannya tetap terjaga, rawatlah anggota tubuh ini dengan baik. Caranya dengan melakukan hal-hal berikut ini.

Umur 20
Pada usia ini, bentuk payudara belum mengalami perubahan. Biasanya, masih kencang dan mulus. Tapi, Anda tetap perlu merawatnya dengan baik. Sebaiknya, jangan menggosok bagian kulit payudara dengan kasar, terutama di atas areola dan puting yang sangat tipis (karena kandungan kolagennya sedikit). Hindari scrub dan handuk kasar, terutama seminggu sebelum haid. Oleskan krim pelembap tanpa parfum agar kulit payudara tidak kering.

Sedangkan untuk menjaga kesehatannya,  Jagalah berat tubuh dengan mengkonsumsi  makanan yang cukup dan seimbang, agar penampilan keseluruhan, termasuk payudara, tampak menarik. Jangan lupa, melakukan SADARI setiap bulan setelah selesai haid, untuk mengetahui kelainan atau perubahan yang terjadi pada payudara.

Umur 30
Sebanyak 60% wanita menderita sakit payudara, dari ringan sampai yang parah. Biasanya, sakit itu akan meningkat saat minggu-minggu menjelang menstruasi. Sebaiknya kenakan bra yang nyaman untuk mengurangi rasa sakit. Konsumsilah vitamin B1 dan B6 (100 mg) sehari selama dua atau tiga bulan. Kurangilah garam, lemak hewani, dan kafein.

Umumnya, wanita di usia 30 memiliki benjolan di payudaranya (letaknya  dekat dengan ketiak). Hal ini disebabkan oleh pembengkakan sebelum haid dan nyeri pada payudara. Periksakanlah benjolan baru, benjolan yang terdapat di satu payudara, dan benjolan yang tidak juga hilang bahkan sampai selesai haid.

Umur 40
Biasanya terjadi perubahan bentuk payudara di usia ini. Jaringan otot payudara mulai digantikan dengan tumpukan lemak, yang berarti payudara Anda tidak lagi terlihat kencang. Bila Anda perokok, akan mengurangi elastisitas kulit yang menyebabkan kendurnya payudara.

Mulailah memeriksakan payudara Anda secara rutin. Penting untuk Anda ketahui, apakah payudara Anda normal atau tidak. Jangan berpikir bahwa pemeriksaan payudara itu berarti akan terdapat kanker, tapi adalah suatu cara untuk mengenal tubuh Anda. Mamografi tidak disarankan bagi wanita berusia  di bawah 50 tahun.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024