TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

MUI Jatim: Film 2012 Ditarik Saja

"Jam, tanggal, bulan, dan tahun, tidak ada manusia yang tahu. Itu mutlak rahasia Allah."
 MUI Jatim: Film 2012 Ditarik Saja
Film '2012'

VIVAnews - Pemutaran film berjudul '2012' di sejumlah bioskop Jawa Timur (Jatim) mulai menuai kritik. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Malang, misalnya, sudah memberikan Thausiyah (himbauan) agar umat Islam tidak melihat film tersebut.

Film ini dibintangi John Cusack, Danny Glover dan Chiwetel Ejiofor, yang bercerita tentang hancurnya Planet Bumi pada tahun 2012 sesuai ramalan Suku Maya di Amerika Selatan.

Menurut MUI Jatim, penayangan film 2012 yang disutradarai Roland Emmerich memicu keresahan masyarakat. “Kiamat itu soal ghoib. Umat Islam memang wajib percaya adanya hari kiamat. Tapi soal jam, tanggal, bulan, dan tahun, tidak ada manusia yang tahu. Itu mutlak rahasia Allah SWT,” kata Ketua MUI Jatim, Abdussomad Buchori, Senin 16 November 2009.

Meski mengaku belum sempat menonton, ia menilai film yang bercerita tentang ramalan hari kiamat akan menyesatkan jika tidak dikemas dalam kerangka agama.

Jika itu diteruskan, kata dia, akan berdampak negatif dan memunculkan keresahan. "Keresahan itu diantaranya, membuat masyarakat yang meyakini akan meninggalkan aktivitas sehari-hari dan menimbulkan gejolak sosial," lanjut Buchori.

Meskipun hanya berupa film fiksi, kekuatannya mampu mempengaruhi opini masyarakat. Buchori menilai kalau sudah diyakini--apalagi tanpa didasari pemahaman Al Qur’an--dipastikan akan merusak akidah.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP