VIVALIFE

Makanan Pembersih Usus

Atasi masalah perut kembung, dan mual dengan mengonsumsi makanan pilihan berikut ini.
Rabu, 18 November 2009
Oleh : Petti Lubis, Mutia Nugraheni
Frozen Yogurt Blueberry

VIVAnews - Rasa kembung yang sering timbul memang sangat menjengkelkan dan hal itu terjadi bukan hanya karena angin, tetapi juga karena Anda banyak mengonsumsi makanan berlemak. Makanan dengan lemak tinggi akan bertahan lama dalam usus karena membutuhkan waktu yang lama untuk mengolahnya.

Hal itu memicu reaksi dalam sistem pencernaan yaitu rasa kembung bahkan hingga mual. Tidak hanya itu, Anda juga akan sulit buang air besar, sakit kepala, dan cepat lelah.

Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda harus membersihkan usus secara teratur dengan mengonsumsi makanan pembersih usus. Jika Anda selalu makan makanan berlemak tinggi dan jarang mengonsumsi makanan pembersih usus, maka usus akan selalu bekerja keras, dan dalam keadaan kotor.

Tidak hanya menimbulkan rasa kembung tetapi juga Anda berisiko tinggi terkena kanker usus. Untuk menjaga usus tetap sehat dan Anda terhindar dari rasa kembung, perbanyak konsumsi makanan-makanan berikut.

Buah dan sayur
Selalu masukkan sayuran berserat tinggi dalam menu makanan Anda, seperti brokoli, salada, dan bayam. Usahakan untuk mengonsumsi sayuran segar atau sayuran yang minim proses pemasakan. Kandungan serat yang tinggi pada sayuran akan membuat usus lebih mudah bekerja dan membantu membersihkannya. Untuk makanan penutup, usahakan konsumsi buah yang mengandung serat tinggi seperti apel, pisang dan pir.

Yogurt
Makanan ini mengandung bakteri hidup yang aktif dan membantu membersihkan usus. Kandungan acidophilus pada yogurt juga bisa memicu usus lebih sedikit memproduksi asam empedu. Penurunan produksi asam empedu akan berdampak pada penurunan kolesterol.

Air putih
Jangan sepelekan air putih. Kesehatan usus Anda sangat bergantung pada jumlah air putih yang Anda minum setiap hari. Jika Anda mengonsumsi makanan serat tinggi tanpa mengimbanginya dengan air putih yang cukup akan menimbulkan masalah pada pencernaan. Untuk itu pastikan Anda cukup minum air putih.

Gandum

Bahan makanan ini juga sangat baik untuk kebersihan dan kesehatan usus Anda. Tetapi pastikan gandum yang dikonsumsi merupakan gandum utuh. Untuk sarapan, gandum merupakan makanan yang sangat berkualitas dan dapat menunjang kesibukan Anda sehari-hari.

TERKAIT
TERPOPULER