Kulit Anda Bisa Mendengar?

VIVAnews - Suara di sekeliling Anda ternyata tidak hanya bisa didengarkan melalui telinga tetapi juga kulit. Temuan baru itu diketahui dari percobaan yang dilakukan oleh tim dari University of British Columbia, Kanada.

Percobaan melibatkan partisipan, untuk mendengarkan beberapa suku kata yang dihembuskan pada kulit. Hembusan tersebut memicu otak menerima dan mengintegrasikan informasi dari berbagai sumber untuk menggambarkan keadaan di sekitarnya.

"Berdasarkan fakta, kita memiliki mata sehingga kita berpikir bisa melihat semua informasi, lalu kita juga memiliki telinga untuk mendengar informasi. Hal tersebut sebenarnya sedikit menyesatkan," kata Bryan Gick, peneliti dari University of British Columbia,seperti VIVAnews kutip dari LiveScience.

"Dibutuhkan penjelasan lebih, untuk bisa mengerti bahwa kita memiliki otak yang menerima lebih banyak informasi dibandingkan mata dan telinga," tambah Gick.

Gick mengistilahkan kemampuan manusia tersebut dengan "whole-body perceiving machines". Menurut Gick, dalam beberapa penelitian sebelumnya banyak yang menunjukkan bahwa mata kita bisa melihat suara dan telinga bisa mendengar cahaya, meskipun terkadang tidak disadari.

Penelitian lain menunjukkan jika Anda melihat gerak bibir seseorang saat berbicara, bagian otak yang yang berhubungan dengan pendengaran akan aktif. Untuk mengetahui bagaimana kulit bisa mendengar tim peneliti fokus pada suku kata "pa", "ba", "da" dan "ta" yang membuat sebuah letupan kecil di udara ketika seseorang berbicara.

Partisipan yang ditutup matanya kemudian mendengarkan rekaman suara pria yang menyebutkan empat suku kata tersebut. Mereka diharuskan untuk menekan tombol yang mengindikasikan suara yang didengar (pa, ta, ba atau da). Partisipan dibagi dalam tiga kelompok, kelompok pertama mendengarkan suku kata sambil ditiupkan udara di tangannya, kelompok kedua ditiupkan udara di bagian leher dan kelompok ketiga tidak ditiupkan udara.

Sebanyak 10 persen partisipan tidak menekan tombol yang tepat, saat ditiupkan udara  pada kulitnya. Percobaan menunjukkan partisipan lebih bisa mengetahui suara yang dikeluarkan dengan mendapatkan sentuhan di kulitnya dibandingkan dengan embusan udara melalui suara.

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan
Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Golkar cenderung mendorong Ridwan Kamil (RK) maju di Pilkada Jawa Barat ketimbang DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024