Hamil atau Langsing Dulu?

Tanya:
Saya (31) seorang ibu dari putri berusia tiga tahun. Rencananya, saya dan suami ingin segera menambah momongan. Tapi, sejak melahirkan hingga sekarang, tubuh saya masih tergolong overweight. Takutnya, jika saya mengandung nanti, berat badan saya makin bertambah.

Namun, suami ingin secepatnya memiliki anak kedua. Menurut dokter, apakah saya sebaiknya hamil sekarang atau menurunkan berat badan dulu, baru hamil? Sebulan ini, saya sudah menjalani diet dan jogging selama 30 menit setiap pagi. Hasilnya, kini berat badan berkurang 2 kg.

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

fxx@gmail.com

Jawab:
Jika berat badan Anda tergolong overweight (kelebihan berat badan), sebaiknya sebelum hamil Anda menurunkan berat badan terlebih dahulu. Sebab, biasanya saat mengandung, wanita cenderung memiliki nafsu makan yang besar.

Maka itu, sebaiknya bila Anda menunggu hingga mencapai berat badan ideal (bagi berat badan dalam satuan kg, dengan kuadrat dari tinggi badan, dalam satuan meter. Berat badan ideal bisa didapatkan jika hasilnya berkisar antara 18,5-23,9).

Kebiasaan jogging yang Anda jalani setiap pagi itu sudah tepat. Agar tidak bosan, Anda bisa menyelinginya dengan jalan kaki. Lakukan selama 45-60 menit setiap latihan. Sebagai tambahan, saya juga menganjurkan untuk melakukan latihan beban dengan dumbell 2 kg, 2-3 kali seminggu. Latihan ini berguna untuk mengencangkan otot-otot tubuh, terutama bagian lengan, dada, dan bahu.

Untuk melengkapi latihan Anda, jangan lupa untuk menjalani diet tepat dengan mengatur asupan nutrisi yang cukup. Mulailah mengurangi makanan tinggi lemak jenuh, seperti gorengan, makanan bersantan, jeroan, dan lainnya. Dan perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Dua Anak-anak Sempat Terjebak di Dalam Toko Bingkai yang Kebakaran
VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu

Meski Dilarang AS dan Barat, Israel 'Keukeuh' Akan Tetap Kembali Serang Iran

Komunitas internasional, khususnya Barat, juga telah berulang kali mengeluarkan pernyataan yang mendesak Israel agar menahan diri dan tidak menanggapi pembalasan Ira

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024