Ayo, Minum Susu!

VIVAnews - Banyak wanita yang menghindari susu dengan alasan takut gemuk.  Padahal, susu malah dianjurkan masuk ke dalam menu diet, untuk menghindari kekurangan gizi akibat pembatasan jumlah makanan.

Ir. Kresnawan MSc - Kepala Subdit Bina Konsumsi Makanan. Direktorat Bina Gizi Masyarakat, Departemen Kesehatan RI, mengatakan, “Gizi lengkap dan seimbang sangatlah penting dan dibutuhkan oleh setiap manusia. Susu sebagai makanan cair, merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat penting dan mudah untuk diserap tubuh,” katanya.
 
Untuk bayi, berikanlah hanya ASI hingga berusia 6 bulan, dilanjutkan dengan Makanan Pendaping ASI (MP ASI) dan teruskan memberikan ASI hingga anak berusia 2 tahun. Setelah 2 tahun, anak dapat minum susu alami 3 kali sehari disamping makanan bergizi lainnya. Untuk seterusnya, susu sangat baik diminum sepanjang masa untuk kesehatan.

Susu alami mengandung kandungan zat gizi yang lengkap dan lebih mudah diserap seperti: protein, vitamin D, kalsium, fosfor, magnesium, imunoglobulin, vitamin A, zinc, asam lemak essensial, laktosa dan asam amino esensial, yang semuanya diperlukan bagi tubuh kita.

Kandungan zat gizi, seperti protein, kalsium, mineral dalam susu amat penting bagi proses pembentukan tulang, gigi, dan otot pada tubuh. Susu berkhasiat pula mengatasi insomnia dan gangguan pencernaan.

Perkembangan teknologi memungkinkan penambahan zat-zat gizi lain, seperti serat, vitamin, dan bakteri penyeimbang ekologi usus, untuk memperkaya kandungan nutrisi dalam susu. Karena banyaknya khasiat yang terkandung dalam susu, ahli gizi menyarankan mengonsumsi dua gelas susu dalam sehari.

Sayangnya, banyak orang Indonesia yang tidak menyadari pentingnya minum susu. Konsumsi susu di Indonesia tahun 2007 merupakan yang terendah dibanding negara Asia lainnya, yaitu hanya 9,0 liter per kapita per tahun, sedangkan Malaysia mencapai 25,4 liter per kapita per tahun dan Vietnam 10,7 liter per kapita per tahun (sumber : Data Internal Tetra Pak Indonesia).

Sebagai bagian dari Kampanye Minum Susu 2008, Tetra Pak Indonesia perusahaan kemasan pangan, mengadakan Seminar Edukasi mengenai Gizi bagi para kader PKK dengan tema “Ibu Penentu Gizi Keluarga”. Seminar PKK ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat luas mengenai pentingnya gizi seimbang yang mana susu merupakan salah satu asupan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Hj. Tatiek Fauzi Bowo, Ketua Tim Penggerak PKK DKI mengatakan, “Di dalam keluarga, peran ibu sangatlah besar dalam menentukan kesehatan dan pendidikan keluarga. Untuk itu, sangat penting bagi ibu, agar dapat memberikan yang terbaik bagi keluarga khususnya untuk pemenuhan gizi keluarga.”

Jadi, yuk, ajak keluarga Anda minum setidaknya segelas susu setiap hari!

Nyamuk Wolbachia Melawan DBD! Menkes Ungkap 5 Wilayah di Jawa yang Sudah Terbebas
Kapolda Sumut, Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi saat memimpin Rakor persiapan pengamanan Idul Fitri 1445 H di Markas Polda Sumut.(dok Polda Sumut)

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Sebanyak 12.092 personel gabungan TNI/Polri dalam pengamanan arus mudik hingga perayaan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024, di Sumatera Utara. Termasuk mendirikan ratus

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024