Bercinta Bisa Picu Amnesia

VIVAnews - Biasanya, setelah bercinta Anda dan pasangan akan meresa relaks dan nyaman. Tapi, bagaimana jika seusai bercinta, Anda bisa mengalami amnesia alias hilang ingatan?

Ternyata, kondisi ini bisa terjadi. Agustus lalu, seorang wanita berusia 59 tahun asal Amerika mendadak menderita serangan amnesia usai bercinta dengan suaminya. Hilang ingatan mendadak atau yang disebut Transient Global Amnesia (TGA) ini, disebabkan tekanan dalam pembuluh darah di otak yang memicu aliran darah ke otak terhambat.

Wanita bernama Alice tersebut ini, memiliki pengalaman mengejutkan setelah bercinta dengan sang suami, Scott. Secara tiba-tiba, ia kehilangan ingatan selama beberapa tahun terakhir dan sulit membentuk ingatan baru. Walaupun amnesia ini hanya bersifat sementara, namun sempat bikin sang suami cemas dan panik.

Kecurigaan makin bertambah, ketika Scott meminta istrinya untuk menyebutkan nama Presiden saat ini, yang kemudian dibalas: "Bill Clinton." Akhirnya, Alice dibawa ke rumah sakit.

Akhirnya, ahli neurologi mendiagnosanya dengan TGA, yaitu penyakit hilang ingatan atau amnesia. Penyakit ini dapat dipicu oleh aktivitas fisik yang mengurasbanyak energi, olahraga berlebihan, merendam langsung dalam air dingin atau panas, mengguncangkan kepala dan bercinta.

Menurut ahli Neurologi, Dr Louis Caplan, ketika berhubungan seks gejala TGA biasanya muncul setelah mencapai klimaks. Mereka yang memiliki riwayat penyakit migrain dan sakit kepala lebih mudah terserang TGA, terutama jika sakit kepala itu terjadi sebelum bercinta.

Umumnya TGA hanya muncul sekali dalam seumur hidup. Namun, ada juga yang berkali-kali. Untuk mencegah kondisiĀ  ini berulang, dibutuhkan obat yang dapat menstimulus dan memulihkan fungsi otak agar normal kembali. Namun, biasanya gejala TGA akan berangsur lenyap seiring bertambahnya usia.

Penonton Indonesia Bakal Adakan Nobar Episode Terakhir Queen of Tears, Catat Jadwalnya!
Ilustrasi ibu hamil

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Hamil adalah periode yang penting dalam hidup seorang wanita, dan menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024