Pengaruh Rokok terhadap Kesuburan

Tanya:
Saya (30) dan suami (31) baru menikah lima bulan yang lalu. Suami saya seorang perokok berat. Dalam satu hari ia dapat menghabiskan 1,5 bungkus rokok. Kami ingin sekali memiliki momongan. Apakah ada pengaruh antara rokok dengan kesuburan? Apakah sebagai perokok pasif, juga bisa menyebabkan sulit hamil?

bmxxx@yahoo.com

Jawab:

Berhenti merokok adalah salah satu langkah utama untuk mencegah terjadinya kesulitan untuk hamil. Mengapa? Karena seorang suami yang mempunyai kebiasaan merokok dapat mengalami penurunan kualitas air mani, yaitu jumlah sel mani menurun. Selain itu, kemampuan gerak (moblitas) sperma pun menurun. 

Ada penelitian menunjukkan bahwa bila seorang pria berhenti merokok, kira-kira tiga bulan kemudian barulah kualitas spermanya membaik.  Sebagai istri yang mendampingi suami yang perokok, Anda menjadi perokok pasif. Asap rokok yang terhirup oleh wanita dapat menimbulkan menopause yang lebih dini, menurunkan kemungkinan terjadinya pembuahan dan bila terjadi kehamilan, dapat menimbulkan pertumbuhan janin yang terhambat.

Mengingat Anda baru menikah lima bulan, terlalu cepat pula bagi Anda untuk khawatir mengenai masalah kesuburan Anda dan suami.  Dalam dunia kedokteran, kami baru bertindak melakukan pemeriksaan lebih lengkap bila sepasang suami istri telah mengadakan hubungan intim secara teratur tanpa kontrasepsi selama satu tahun dan belum menghasilkan kehamilan. 

Untuk membantu usaha Anda, saya perlu mengingatkan bahwa Anda perlu sabar, dan jangan stres. Kondisi stres dapat menghambat proses reproduksi pula.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita Minta Rp100 Juta Ditangkap

Konsultan: dr. Aryo Wicaksana, SpOG

Frislly Herlind

Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini

Diakui Frislly, dirinya sempat mengalami memar-memar saat proses latihan action, namun ia tidak merasakan sakit sama sekali.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024